Minggu, 20 Maret 2011

MEMASUKI ALAM KEDEWASAAN





















Surakarta



Mengingat kondisi ekonomi keluargaku yang tidak menggembirakan akibat banyaknya dana yang dikeluarkan bapak untuk membiayai pencalonannya menjadi lurah, aku memutuskan untuk tidak berangkat ke Jember untuk mencari tahu apakah aku diterima di FISIP Universitas Negeri Jember. Mbak Lis mendorongku untuk berangkat ke sana, tapi aku berpikir bahwa akan sulit bagiku nantinya membiayai kuliah, apalagi adik-adik perempuanku masih memerlukan biaya untuk melanjutkan sekolah mereka. Jadi kuputuskan untuk melupakan kuliah. Sekarang yang terpenting bagiku adalah bekerja untuk memperoleh penghasilan sendiri barulah nanti melanjutkan studi.

Pada saat itu rumah limasan mbah putri sudah dijual. Kami tinggal di pendopo. Bapak mencoba memulai hidup baru setelah kekalahannya dengan mencoba membuat penggilingan padi. Kami membuat fondasi untuk bangunan selepan (rice mill) dan membuat tempat penjemuran, namun pinjaman dari bank tidak kunjung tiba, maka proyek itu pun terbengkelai. Kenyataan ini menguatkan niatku untuk sigra pergi dari rumah dan mencoba peruntungan dengan bekerja apapun.

Saat mendengarkan siaran dari sebuah radio swasta melalui radio transistor ada jeda komersial berupa iklan penerimaan karyawan untuk bekerja di sebuah perusahaan asuransi yang berlokasi di kota Solo (Surakarta). Tanpa berpikir panjang aku berkemas dan berangkat ke kota itu. Aku melamat kerja di PT Mahkota Jaya Abadi yang beralamat di sekitar Manahan, tepatnya di jalan Karangnangka. Manajer perusahaan itu seorang Bali yang kukira bernama pak Made (aku lupa-lupa ingat), menerimaku bekerja dengan sistem komisi. Artinya aku memperoleh penghasilan dari komisi pembayaran premi nasabah. Tidak ada pilihan lain bagiku saat itu untuk menolak. Beruntung pak manajer memberi izin aku tinggal di kantor dan sebelum aku memperoleh nasabah aku diberi bantuan Rp 100,00 (seratus rupiah) sehari untuk makan.

Waktu itu tahun 1980, di Solo dengan uang seratus rupiah aku bisa makan dua kali sehari, kadangkala aku masih bisa menabung lima puluh rupiah. Makanan termurah yang sering menjadi menu makanku adalah nasi pecel. Kadangkala aku makan bersama tukang becak atau pekerja kasar lainnya di warung-warung kaki lima sejenis warteg (warung Tegal). Dari sinilah aku mulai belajar survival dalam kehidupan, menghargai uang, menghargai jerih payah orang yang bekerja apapun, berterima kasih pada rakyat kecil yang tanpa mereka aku pasti akan kesulitan hidup dengan uang seratus perak sehari.

Surakarta, juga disebut Solo atau Sala, adalah kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang berpenduduk 503.421 jiwa (2010)[1] dan kepadatan penduduk 13.636/km2. Kota dengan luas 44 km2 ini berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.[2]. Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Bersama dengan Yogyakarta, Solo merupakan pewaris Kerajaan Mataram yang dipecah pada tahun 1755. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Surakarta)

Nama Surakarta digunakan dalam konteks formal, sedangkan nama Solo untuk konteks informal. Akhiran -karta merujuk pada kota, dan kota Surakarta masih memiliki hubungan sejarah yang erat dengan Kartasura. Nama Solo berasal dari nama desa Sala. Ketika Indonesia masih menganut Ejaan Repoeblik, nama kota ini juga ditulis Soerakarta.Nama "Surakarta" diberikan sebagai nama "wisuda" bagi pusat pemerintahan baru ini. (Catatan-catatan lama menyebut bentuk antara "Salakarta"[3]).











Eksistensi kota ini dimulai di saat Kesultanan Mataram memindahkan kedudukan raja dari Kartasura ke Desa Sala, di tepi Bengawan Solo. Secara resmi, keraton mulai ditempati tanggal 17 Februari 1745. Akibat perpecahan wilayah kerajaan, di Solo berdiri dua keraton: Kasunanan Surakarta dan Praja Mangkunegaran, menjadikan kota Solo sebagai kota dengan dua administrasi. Kekuasaan politik kedua kerajaan ini dilikuidasi setelah berdirinya Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Selama 10 bulan, Solo berstatus sebagai daerah setingkat provinsi, yang dikenal sebagai Daerah Istimewa Surakarta. Selanjutnya, karena berkembang gerakan antimonarki di Surakarta serta kerusuhan, penculikan, dan pembunuhan pejabat-pejabat DIS, maka pada tanggal 16 Juni 1945 pemerintah RI membubarkan DIS dan menghilangkan kekuasaan raja-raja Kasunanan dan Mangkunagaran. Status Susuhunan Surakarta dan Adipati Mangkunegara menjadi rakyat biasa di masyarakat dan Keraton diubah menjadi pusat pengembangan seni dan budaya Jawa. Kemudian Solo ditetapkan menjadi tempat kedudukan dari residen, yang membawahi Karesidenan Surakarta (Residentie Soerakarta) dengan luas daerah 5.677 km². Tanggal 16 Juni diperingati sebagai hari jadi Kota Solo era modern.Setelah Karesidenan Surakarta dihapuskan pada tanggal 4 Juli 1950, Surakarta menjadi kota di bawah administrasi Provinsi Jawa Tengah.


Dalam bekerja aku dipandu teman yang sudah berpengalaman. Dengan menggunakan sepeda motor aku pergi keliling kota hingga ke perkampungan untuk mencari nasabah. Kegiatan mencari nasabah itu disebut canvas. Teori-teori marketing (pemasaran) yang kuperoleh selama belajar di SMEA PPS kucoba praktikkan di lapangan. Meskipun di jurusan tata niaga pemasaran lebih diarahkan pada produk berupa barang, tapi bisa dimodifikasi untuk memasarkan produk berupa jasa asuransi. Prinsipnya adalah menggunakan seni menjual untuk memperoleh kosumen, pembeli ataupun nasabah. Kuncinya adalah bagaimana meyakinan konsumen untuk mau membeli produk yang kujual. Beberapa kawan melakukan pelbagai cara untuk mengambil hati mereka sampai akhirnya dapat menaklukkan mereka.

Kurang lebih sebulan aku mencoba meng-canvas tapi belum satupun nasabah kudapat. Manajer dan teman-teman tetap memberi dorongan semangat, tapi aku merasa malu memakan gaji buta. Maka ketika ada lowongan posisi penyiar di radio Argasunya (?) di kawasan Candi di Semarang atas, akupun berangkat ke sana untuk melamar.


Semarang













Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Semarang merupakan kota yang dipimpin oleh wali kota Drs. H. Soemarmo HS, MSi dan wakil wali kota Hendrar Prihadi, SE, MM. Kota ini terletak sekitar 466 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya. Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat. (http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Semarang)

Sejarah Semarang berawal kurang lebih pada abad ke-8 M, yaitu daerah pesisir yang bernama Pragota (sekarang menjadi Bergota) dan merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Daerah tersebut pada masa itu merupakan pelabuhan dan di depannya terdapat gugusan pulau-pulau kecil. Akibat pengendapan, yang hingga sekarang masih terus berlangsung, gugusan tersebut sekarang menyatu membentuk daratan. Bagian kota Semarang Bawah yang dikenal sekarang ini dengan demikian dahulu merupakan laut. Pelabuhan tersebut diperkirakan berada di daerah Pasar Bulu sekarang dan memanjang masuk ke Pelabuhan Simongan, tempat armada Laksamana Cheng Ho bersandar pada tahun 1405 M. Di tempat pendaratannya, Laksamana Cheng Ho mendirikan kelenteng dan mesjid yang sampai sekarang masih dikunjungi dan disebut Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu).

Pada akhir abad ke-15 M ada seseorang ditempatkan oleh Kerajaan Demak, dikenal sebagai Pangeran Made Pandan (Sunan Pandanaran I), untuk menyebarkan agama Islam dari perbukitan Pragota. Dari waktu ke waktu daerah itu semakin subur, dari sela-sela kesuburan itu muncullah pohon asam yang arang (bahasa Jawa: Asem Arang), sehingga memberikan gelar atau nama daerah itu menjadi Semarang.
Sebagai pendiri desa, kemudian menjadi kepala daerah setempat, dengan gelar Kyai Ageng Pandan Arang I. Sepeninggalnya, pimpinan daerah dipegang oleh putranya yang bergelar Pandan Arang II (kelak disebut sebagai Sunan Bayat atau Sunan Pandanaran II atau Sunan Pandanaran Bayat atau Ki Ageng Pandanaran atau Sunan Pandanaran saja). Di bawah pimpinan Pandan Arang II, daerah Semarang semakin menunjukkan pertumbuhannya yang meningkat, sehingga menarik perhatian Sultan Hadiwijaya dari Pajang. Karena persyaratan peningkatan daerah dapat dipenuhi, maka diputuskan untuk menjadikan Semarang setingkat dengan Kabupaten. Pada tanggal 2 Mei 1547 bertepatan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, tanggal 12 rabiul awal tahun 954 H disahkan oleh Sultan Hadiwijaya setelah berkonsultasi dengan Sunan Kalijaga. Tanggal 2 Mei kemudian ditetapkan sebagai hari jadi kota Semarang.

Kemudian pada tahun 1678 Amangkurat II dari Mataram, berjanji kepada VOC untuk memberikan Semarang sebagai pembayaran hutangnya, dia mengklaim daerah Priangan dan pajak dari pelabuhan pesisir sampai hutangnya lunas. Pada tahun 1705 Susuhunan Pakubuwono I menyerahkan Semarang kepada VOC sebagai bagian dari perjanjiannya karena telah dibantu untuk merebut Kartasura. Sejak saat itu Semarang resmi menjadi kota milik VOC dan kemudian Pemerintah Hindia Belanda.

Pada tahun 1906 dengan Stanblat Nomor 120 tahun 1906 dibentuklah Pemerintah Gemeente. Pemerintah kota besar ini dikepalai oleh seorang Burgemeester (Wali kota). Sistem Pemerintahan ini dipegang oleh orang-orang Belanda berakhir pada tahun 1942 dengan datangya pemerintahan pendudukan Jepang.

Pada masa Jepang terbentuklah pemerintah daerah Semarang yang dikepalai Militer (Shico) dari Jepang. Didampingi oleh dua orang wakil (Fuku Shico) yang masing-masing dari Jepang dan seorang bangsa Indonesia. Tidak lama sesudah kemerdekaan, yaitu tanggal 15 sampai 20 Oktober 1945 terjadilah peristiwa kepahlawanan pemuda-pemuda Semarang yang bertempur melawan balatentara Jepang yang bersikeras tidak bersedia menyerahkan diri kepada Pasukan Republik. Perjuangan ini dikenal dengan nama Pertempuran Lima Hari.

Tahun 1946 Inggris atas nama Sekutu menyerahkan kota Semarang kepada pihak Belanda. Ini terjadi pada tanggal l6 Mei 1946. Tanggal 3 Juni 1946 dengan tipu muslihatnya, pihak Belanda menangkap Mr. Imam Sudjahri, wali kota Semarang sebelum proklamasi kemerdekaan. Selama masa pendudukan Belanda tidak ada pemerintahan daerah kota Semarang. Namun para pejuang di bidang pemerintahan tetap menjalankan pemerintahan di daerah pedalaman atau daerah pengungsian di luar kota sampai dengan bulan Desember 1948. daerah pengungsian berpindah-pindah mulai dari kota Purwodadi, Gubug, Kedungjati, Salatiga, dan akhirnya di Yogyakarta. Pimpinan pemerintahan berturut-turut dipegang oleh R Patah, R.Prawotosudibyo dan Mr Ichsan. Pemerintahan pendudukan Belanda yang dikenal dengan Recomba berusaha membentuk kembali pemerintahan Gemeente seperti di masa kolonial dulu di bawah pimpinan R Slamet Tirtosubroto. Hal itu tidak berhasil, karena dalam masa pemulihan kedaulatan harus menyerahkan kepada Komandan KMKB Semarang pada bulan Februari 1950. tanggal I April 1950 Mayor Suhardi, Komandan KMKB. menyerahkan kepemimpinan pemerintah daerah Semarang kepada Mr Koesoedibyono, seorang pegawai tinggi Kementerian Dalam Negeri di Yogyakarta. Ia menyusun kembali aparat pemerintahan guna memperlancar jalannya pemerintahan.


Semarang menjadi tujuanku selanjutnya. Kebetulan ada mbak Wiwik anak bupuh Aris Wonosobo (saudara sepupu sebuyut dari garis ibu) yang tinggal di Semarang, tepatnya di daerah Sampangan Kaligarang, dekat Perumnas. Dia bekerja di RS Panti Wilasa sebagai bidan dan suaminya mas Tok seorang pelaut yang biasa menjadi crew kapal-kapal tanker di luar negri khususnya di Malaysia. Mas Yanto adik mbak Wiwik tinggal bersama mereka, dialah yang mengantarku ke tempat yang kucari di Semarang. Akupun ikut tes vocal sebagai presenter. Tim seleksi mengatakan bahwa jika lulus tes pertama akan ada panggilan melalui surat untuk tes wawancara. Sayangnya panggilan selanjutnya tidak segera sampai padaku karena pak pos mengantarkan surat tersebut ke pak RT, sementara namaku belum terdaftar di RT tersebut sehingga surat tidak diantarkan ke rumah mbak Wiwik. Maka akupun gagal menjadi penyiar.

Aku sudah keluar dari perusahaan asuransi di Solo, dan aku belum memperoleh pekerjaan di Semarang. Luntang-lantung aku jadinya. Saat itu mbak Wiwik sudah punya anak pertama Rosy. Aku turut membantu apapun yang bisa dilakukan di rumah itu, dari membersihkan rumah hingga menggendong Rosy. Sore hari aku berkeliling kota dengan mas Yanto dengan menggunakan
skuter. Masih sempat aku mengunjungi Pepi kenalanku yang tinggal di daerah Banjir Kanal, juga mencoba melamar kerja ke beberapa supermarket atau department store, namun semuanya belum ada yang mau menerimaku.

Bandung

Suatu saat mas Yanto mengajakku ke Bandung mengunjungi saudara perempuannya, mbak Tatik, yang tinggal di Cibeber Cimahi. Itulah pertama kali aku mengunjungi Bandung. Subuh dinihari kami tiba di terminal bus Kebon Kelapa, aku sempat shalat subuh di Mesjid Raya Bandung di alun-alun Bandung. Udara pagi yang dingin pun menyergap dan aku tak menyangka udara dingin itu telah mengikatku untuk berlama-lama tinggal di Bandung hingga berpuluh-puluh tahun kemudian.












Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Sedangkan wilayah Bandung Raya merupakan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabotabek. Di kota yang bersejarah ini, berdiri sebuah perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool, sekarang ITB)[1], menjadi ajang pertempuran di masa kemerdekaan[2], serta pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955,[3] suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme, bahkan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.[4]

Pada tahun 1990 kota Bandung menjadi salah satu kota teraman di dunia berdasarkan survei majalah Time.[5]
Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, dan dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini. Dan pada tahun 2007, British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur.[6] Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.

Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa,[7] secara geografis kota ini terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, serta berada pada ketinggian ±768 m di atas permukaan laut, dengan titik tertinggi di berada di sebelah utara dengan ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dan sebelah selatan merupakan kawasan rendah dengan ketinggian 675 meter di atas permukaan laut.
Kota Bandung dialiri dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak-anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum. Dengan kondisi yang demikian, Bandung selatan sangat rentan terhadap masalah banjir.


Kata "Bandung" berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang lalu membentuk telaga. Legenda yang diceritakan oleh orang-orang tua di Bandung mengatakan bahwa nama "Bandung" diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Ci Tarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan pemukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, melalui Gubernur Jenderalnya waktu itu Herman Willem Daendels, mengeluarkan surat keputusan tanggal 25 September 1810 tentang pembangunan sarana dan prasarana untuk kawasan ini. Dikemudian hari peristiwa ini diabadikan sebagai hari jadi kota Bandung.

Kota Bandung secara resmi mendapat status gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal J.B. van Heutsz pada tanggal 1 April 1906[10] dengan luas wilayah waktu itu sekitar 900 ha, dan bertambah menjadi 8.000 ha di tahun 1949, sampai terakhir bertambah menjadi luas wilayah saat ini.[11]

Pada masa perang kemerdekaan, pada 24 Maret 1946, sebagian kota ini di bakar oleh para pejuang kemerdekaan sebagai bagian dalam strategi perang waktu itu. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api dan diabadikan dalam lagu Halo-Halo Bandung. Selain itu kota ini kemudian ditinggalkan oleh sebagian penduduknya yang mengungsi ke daerah lain.

Pada tanggal 18 April 1955 di Gedung Merdeka yang dahulu bernama "Concordia" (Jl. Asia Afrika, sekarang), berseberangan dengan Hotel Savoy Homann, diadakan untuk pertama kalinya Konferensi Asia-Afrika yang kemudian kembali KTT Asia-Afrika 2005 diadakan di kota ini

Kota Bandung merupakan kota terpadat di Jawa Barat, di mana penduduknya didominasi oleh etnis Sunda, sedangkan etnis Jawa merupakan penduduk minoritas terbesar di kota ini dibandingkan etnis lainnya.
Pertambahan penduduk kota Bandung awalnya berkaitan erat dengan ada sarana transportasi Kereta api yang dibangun sekitar tahun 1880 yang menghubungkan kota ini dengan Jakarta (sebelumnya bernama Batavia).[10] Pada tahun 1941 tercatat sebanyak 226.877 jiwa jumlah penduduk kota ini[13] kemudian setelah peristiwa yang dikenal dengan Long March Siliwangi, penduduk kota ini kembali bertambah dimana pada tahun 1950 tercatat jumlah penduduknya sebanyak 644.475 jiwa.[14]

Dalam administrasi pemerintah daerah, kota Bandung dipimpin oleh walikota. Sejak 2008, penduduk kota ini langsung memilih walikota beserta wakilnya dalam pilkada, sedangkan sebelumnya dipilih oleh anggota DPRD kotanya.

Sesuai konstitusi yang berlaku DPRD kota Bandung merupakan representasi dari perwakilan rakyat, pada Pemilu Legislatif 2004 sebelumnya anggota DPRD kota Bandung berjumlah 45 orang.[16] Sesuai dengan perkembangan dan pertambahan penduduk maka pada Pemilu Legislatif 2009 anggota DPRD kota Bandung bertambah menjadi 50 orang, yang kemudian tersusun atas perwakilan delapan partai,[15] dan terdiri atas 41 lelaki dan 9 perempuan.[17]

Kota Bandung merupakan salah satu kota pendidikan, dan Soekarno, presiden pertama Indonesia, pernah menempuh pendidikan tinggi di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang didirikan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda pada masa pergantian abad ke-20.



Cimahi

Mbak Tatik tinggal bersama mas Tarno suaminya di Cibeber yang termasuk dalam Kotip (kota administrative) Cimahi. Ketika kudatang, keluarga Tarno baru saja memiliki rumah baru berukuran kira-kira 36 meter persegi. Mbak Tatik sedang hamil anak pertama. Aku diizinkan tinggal di rumahnya sambil mencari-cari pekerjaan. Tak lama kemudian mbak Tatik melahirkan anak pertamanya : Anita Mentari yang sekarang sudah menjadi seorang Guru TK dan telah punya seorang anak.

Cimahi sebagai kota administrative berarti kota yang tidak mempunyai kewenangan mengatur rumah tangganya sendiri, dalam hal belanja masih tergantung ke induknya yaitu Kabupaten Bandung yang kala itu beribukota di Baleendah, bahkan Bupatinya masih bermukim di pendopo di sekitar alun-alun Bandung. Dulu kota ini adalah tempat militer Belanda yang hingga kini meninggalkan banyak peninggalan yang masih dilestarikan oleh pemerintah dalam bentuk markas-markas, asrama-asrama, komando pendidikan dan latihan, rumah sakit, stasiun kereta api perumahan perwira dan prajurit, penjara, lapangan olahraga, lapangan tempat latihan menembak dan padang rumput tempat menggembala. Konon Belanda menghendaki Bandung sebagai ibukota pemerintahan Hindia Belanda sehingga Cimahi dijadikan kota militer untuk menjamin pertahanan dan keamanan. Dengan posisi seperti itu Cimahi memiliki banyak bangunan besar, megah dan indah, lapangan dan taman-taman yang luas, jalan raya yang besar dan rapi dengan pepohonan besar di kiri kanannya, sebuah tempat yang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.














Di sore hari biasanya aku berkeliling kota dengan menggunakan sepeda, ke jalan Sriwijaya dan Gatot Subroto, yang menjadi tempat favoritku untuk jjs (jalan-jalan sore, diambil dari sebuah lagu gubahan Guruh Sukarnoputra yang dinyanyikan Deni Malik). Antara jalan Sriwijaya dan jalan Gatot Subroto terletak pasar Antri, pasar terkenal di Cimahi, yang waktu itu jika sore tiba makan akan penuh dengan para pedagang sayur mayur dari Lembang dan Cisarua. Lembang adalah kota di pegunungan di kaki gunung Tangkuban Parahu. Jika udara bersih Gunung Tankuban Parahu dapat terlihat dari arah selatan jalan Gandawijaya yang merupakan daerah pertokoan paling ramai di kota Cimahi.

Kota Cimahi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak di sebelah barat Kota Bandung. Cimahi dahulu bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976. Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi ditetapkan sebagai kota otonom. Kota Cimahi terdiri atas 3 kecamatan, yang dibagi lagi atas 15 kelurahan


Cimahi mulai dikenal ketika pada tahun 1811, Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels membuat jalan Anyer-Panarukan, dengan dibuatnya pos penjagaan di alun-alun Cimahi sekarang. Tahun 1874–1893, dilaksanakan pembuatan jalan kereta api Bandung-Cianjur sekaligus pembuatan Stasiun Cimahi. Tahun 1886 dibangun pusat pendidikan militer beserta fasilitas lainnya seperti Rumah Sakit Dustira dan rumah tahanan militer. Pada tahun 1935, Cimahi ditetapkan sebagai kecamatan.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Cimahi menjadi bagian dari Kabupaten Bandung Utara. Pada tahun 1962, dibentuk Kawedanaan Cimahi yang meliputi Kecamatan Cimahi, Padalarang, Batujajar, dan Cipatat. Berdasarkan PP Nomor 29 Tahun 1975, Cimahi ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976, dan menjadi kota administratif pertama di Jawa Barat. Mulai 21 Juni 2001 status Cimahi menjadi kota.

Kini Cimahi menjadi salah satu kawasan pertumbuhan Kota Bandung di sebelah barat. Jumlah penduduknya saat ini adalah sekitar 483.000 jiwa, meningkat dari 290.000 pada tahun 1990 dengan pertumbuhan rata-rata 2,12% per tahun.




Guru mengaji dan anggota Partai

Di kota Cimahi aku sempat menjadi guru mengaji di sebuah mushola di RT tempat keluarga Tarno tinggal. Jadi meskipun keluarga Tarno adalah keluarga Katolik yang taat, tapi tak menghalangiku menjadi guru mengaji. Pada saat bersamaan akupun mulai berkenalan dengan dunia politik karena aku mendaftarkan diri menjadi anggota PDI (Partai Demokrasi Indonesia). Dua dunia ini telah menimbulkan masalah bagiku, suatu ketika saat aku mengajar mengaji aku dipanggil ke rumah pak RW dan diinterogasi berkaitan dengan aktivitas politikku. Ketika itu Orde Baru begitu kuat dan berkuasanya sehingga semua kekuatan politik di luar ABRI, Birokrasi dan Golkar (ABG) dianggap berbahaya.

Hubunganku dengan partai terjadi begitu saja tanpa direncanakan. Berawal ketika aku berjalan-jalan di kota, aku melihat papan nama PDI di depan sebuah rumah. Aku berpikir adalah lebih baik aku memperluas pergaulanku dengan berkenalan dengan banyak orang melalui partai, maka akupun memasuki kantor partai. Ibu Marini yang istri Ketua DPC (Dewan Pengurus Cabang) menerimaku di ruang tamu dan menanyakan maksud kedatanganku. Akupun mengatakan bahwa aku ingin menjadi anggota. Bu Marini kemudian mengenalkanku dengan Happy, yang lantas membuatkanku sebuah KTA (Kartu Tanda Anggota) PDI. Maka sejak saat itulah aku resmi menjadi anggota.

Benar saja, aku kemudian memiliki akses terhadap pergaulan yang lebih luas dan bertemu dengan Pak Abbas (Ketua DPC), pak Bambang (Sekretaris), pak Syamsudin (Bendahara) , fungsionaris dan aktifis partai yang lain seperti Happy, Ajat dan Toto. Aku sering diajak berdiskusi mengenai politik nasional, ajaran Bung Karno dan kepartaian. Aku pun diajak menghadiri rapat-rapat partai serta berkeliling daerah di Kabupaten Bandung untuk bertemu dengan pengurus partai di Kecamatan (Korcam) dan para anggota. Pak Abbas meminjamiku buku DBR (Dibawah Bendera Revolusi) jilid I, dan aku mulai mencoba untuk memahami pemikiran Bung Karno.

Santa Angela

Di luar partai aku berteman dengan rekan-rekan kerja mas Tarno di Susteran Dominikan di Jalan Baros yang memiliki lembaga pendidikan formal yaitu TK,SD dan SMP Santa Maria serta pendidikan non formal berupa kursus menjahit bagi penduduk sekitar yang tidak mampu. Susteran juga menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan mendirikan klinik kesehatan. Di susteran ini aku berkenalan dengan para biarawati (suster) guru dan para pegawai lainnya. Mas Isworo adalah teman dekatku hingga saat ini.

Suatu saat mas Tarno mengatakan bahwa Suster Marisa dari SMP Santa Angela meminta mas Isworo bekerja untuknya, namun karena dia dibutuhkan oleh Susteran Dominikan maka namaku ditawarkan untuk bekerja di sana. Tidak kusia-siakan akupun melamar bekerja dan Suster Marisa sebagai Kepala Sekolah langsung menerimaku bekerja di bagian tata usaha dengan gaji Rp 55.000,00 sebulan. Itu terjadi kira-kira pada bulan Juli 1981. Sejak saat itu aku memiliki pekerjaan tetap karena aku diangkat sebagai pegawai dengan golongan II/a pada Yayasan Widya Bhakti. Yayasan ini didirikan oleh biarawati dari ordo Santa Ursula yang memiliki beberapa lembaga pendidikan formal di kota-kota besar di Jawa khususnya. Di Bandung ada dua lembaga pendidikan yang dikelolalanya : Santa Angela dan Santa Maria. Santa Angela terletak di Jalan Merdeka Bandung, di seberang Kantor Walikota, terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, SPG (Sekolah Pendidikan Guru) dan Kursus Bahasa Inggris. Di tempat inilah aku bekerja dari tahun 1981 hingga tahun 1992.


S- Self Motivation and Dicipline
E- Empathy
R- Respect and Serve Others
V- Value Integrity of Creation
I- Integrity
A- Achievemnt Motivation
M- Moral and Ethical Resposibility



Dengan penghasilan Rp 55.000,00 per bulan aku merasa sudah bisa mandiri, maka akupun memutuskan mengontrak sebuah rumah di ujung Jalan Mulia, Cipaganti bersama Balthazar, guru agama Katolik yang berasal dari Ngada, Flores, NTT. Dia adalah sahabat dekatku selama aku bekerja di Santa Angela. Di samping bekerja akupun aktif menjadi pengurus Credit Union “Tunas Merdeka” yang menambah wawasanku mengenai ekonomi kerakyatan dan income generating (meningkatkan pendapatan). Langkahku selanjutnya adalah menyiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Sambil menunggu waktu itu tiba aku mulai belajar menulis. Aku membuat bulletin yang berkaitan dengan kondisi politik. Pasokan informasi cukup tersedia untukku karena perpustakaan Santa Angela sangat bagus dan lengkap, hampir semua buku ada di sana. Berita sehari-hari kudapat dari koran lokal dan nasional yang ada di perpustakaan yang bisa kubaca saat istirahat. Bulletin itu kugandakan dengan cara distensil dan kuberi nama Indonesia Baru lalu kusebarkan ke desa-desa melalui jaringan partai.


Wiwin, adik bungsu yang datang dari Ngawi setamat SMP kusekolahkan di SPG. Sayang sekali ketika dia lulus dan berpengharapan besar menjadi seorang guru, Menteri Pendidikan membuat kebijakan menghapuskan SPG dan guru SD harus dari D1 bahkan selanjutnya ditingkatkan menjadi Sarjana. Maka impiannya menjadi guru, kandas untuk sementara waktu. Ia kemudian bekerja di Bogor dan kemudian ke Batam.

Kekasihku  beberapa kali datang dari Madiun  ke Bandung sehingga hubungan kami semakin dekat dan nyaris berujung ke sebuah perkawinan. Tapi pelbagai faktor menghalangi hubungan kami, maka dia pun memutuskan menikah dengan seorang pejabat daerah tepat ketika terjadi gerana matahari total dan mengikuti suaminya itu ke NTT. Belakangan aku rasakan bahwa aku memang benar-benar mencintainya sehingga semua kenangan bersamanya terasa begitu indah. Tapi aku tidak larut dalam kenangan karena hidup terus bergerak maju dan ujungnya belum aku tahu.

Mahasiswa Universitas Pasundan

Pada tahun 1982 aku mulai kuliah di perguruan tinggi. Tadinya aku bermaksud kuliah hukum di STHB (Sekolah Tinggi Hukum Bandung) karena berlokasi antara tempat tinggalku dengan tempat kerja, namun ijazah ku yang SMEA tak memungkinkanku masuk ke sana. Akupun mencari jurusan sosial politik, dan hanya ada jurusan Kesejahteraan Sosial yang bisa menerima lulusan SMEA, maka akupun berkuliah di jurusan KS FISIP Unpas di Lengkong Besar 68. Ketika itu biaya kuliah satu semester Rp 200.000,00 bisa kuangsur dua kali. Karena aku pengurus Credit Union maka tidak sulitlah bagiku menyediakan dana untuk pendidikan meskipun harus kuangsur pembayarannya dari gajiku yang dipotong. Saat-saat mengurus rekomendasi untuk diizinkan mengangsur biaya kuliah inilah pertama kali aku bertemu dengan Aat, teman sekampus, sefakultas, sejurusan dan sekelas. Beberapa tahun kemudian dia menjadi istriku.













Universitas Pasundan (UNPAS) berdiri tanggal 14 November 1960, keberadaan dan pengembangannya tidak lepas dari tujuan dan cita-cita Paguyuban Pasundan, sebagai organisasi induk yang lahir tahun 1913. Sehingga esensi dan eksistensinya tidak terlepas dari garapan pengabdian Paguyuban Pasundan terutama dalam turut mencerdaskan kehidupan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Pasundan)














Gedung Kampus Unpas di Jl.Tamansari 6-8Pada saat berdirinya, UNPAS didukung oleh kehadiran dua fakultas, yakni Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Fakultas Hukum terdiri atas dua jurusan yakni: Hukum Perdata dan Hukum Pidana, sedangkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri atas jurusan-jurusan: Administrasi Negara, Kesejahteraan Sosial, dan Hubungan Internasional. Mengingat kebutuhan masyarakat, selanjutnya dibuka jurusan baru pada dua fakultas tersebut, yakni Jurusan Administrasi Niaga dan Jurusan Ilmu Komunikasi di FISIP dan Jurusan Hukum Tata Negara di FH. Namun berdasarkan keputusan Konsorsium Ilmu Hukum pada tahun 1993, jurusan-jurusan di FH ditiadakan.

Pada tahun 1961 dibuka fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi (FT) dengan jurusan Teknologi Makanan dan Teknik Produksi. Jurusan Teknologi Makanan selanjutnya diubah menjadi Jurusan Teknologi Pangan, dan Jurusan Teknik Produksi kemudian diubah menjadi Jurusan Teknik dan Manajemen Industri.

Pertengahan dasawarsa 70-an kembali dibuka fakultas baru, yakni Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). FE sampai saat ini didukung oleh tiga jurusan yaitu : Jurusan Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan; sedangkan FKIP saat ini terdiri atas lima program studi, yaitu : PPKN, Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Guru SD S1.



Sejak tahun 1983 aku pindah ke kamar kontrakan milik Mamah Titin di dalam sebuah gang di Jalan Sasakgantung IV No 20 A/17 D sekitar 500 meter dari kampus Lengkong. Mamah memperlakukanku seperti anak saja dan sehari-hari kami berbahasa Sunda sehingga akupun mulai berkomunikasi dengan bahasa itu dengan lancar. Mak Las yang ikut mamah adalah wanita tua yang banyak menolongku menyetrika baju meskti tidak diminta. Anak mamah : teteh dan Avip sudah seperti keluarga sendiri. Pak Jafar ketu RT juga dekat denganku karena sering bertemu si mesjid saat shalat. Mas Kasdi tukang baso yang berasal dari Wonogiri mangkal di depan rumah setiap hari dan akupun berlangganan padanya. Melalui jejaring sosial facebook, Teddy dari grup nasyd SNADA pernah mengutarakan betapa ia masih terkesan dengan enaknya baso racikan mas Kasdi itu.

Setiap hari aku berkuliah di petang hari sepulang bekerja. Teman-teman kuliahku banyak juga yang sudah bekerja baik di pemerintahan maupun swasta. Lama kelamaan kami saling akrab satu sama lain hingga seperti saudara layaknya. Akupun aktif dalam kegiatan kampus, menjadi panitia ini itu, menjadi ketua kelas, menjadi ketua himpunan mahasiswa KS, menjadi ketua umum senat mashasiswa FISIP dan lain sebagainya. Inilah masa-masa paling menggairahkan dalam kehidupanku yang memberikan pengalaman dari yang paling menyenangkan hingga yang paling konyol dan memalukan. Namun semua itu sungguh berharga dalam mendewasakan diriku.

Hubunganku dengan para dosen cukup baik, bahkan di antaranya seperti sahabat. Bahkan menjelang pemilihan ketua umum senat mahasiswa, beberapa dosen menunjukkan dukungannya padaku. Mereka mengajakku ke kelas dan mengenalkannya pada para mahasiswa. Tentu saja hal ini memuluskan jalanku sehingga di hari pemilihan suara aku meraih 200 suara meninggalkan kandidat lainnya. Seingatku ketika itu ada lima kandidat termasuk diriku, bahkan ada yang merupakan teman sekelasku yaitu Diar, sedangkan lainnya berasal dari jurusan administrasi negara, bahkan ada yang merupakan kakak kelasku.

Sebagai mahasiswa yang sudah memiliki penghasilan sendiri, aku bisa berlangganan majalah sastra Horison dan majalah umum Intisari di samping berlangganan susu murni. Susu murni ini merupakan minuman yang membuatku sehat sehingga dapat mengikuti pelbagai aktifitas. Akupun bisa mengoleksi buku-buku sedikit demi sedikit karena waktuku di kamar kontrakan memang hanya membaca dan menulis. Kumpulan tulisanku pernah kuterbitkan dengan judul Kebersamaan, Dialog dan Demokrasi. Di kamar sempit itu pula kawan-kawanku datang berdiskusi dan kadangkala bermalam. Yaya adik kelasku beda jurusan juga pernah bermain ke kamar kontrakanku. Dia kini menjadi Pembantu Rektor di Unpas. Bono, Wahyu, Bob, Rizal dan Aceng adalah teman-teman dekatku. Kami saling tolong menolong satu sama lain dalam menghadapi sulitnya kehidupan sebagai mahasiswa.

Tempat makan siang dam makan malamku adalah sebuah warung di jalan Sasakgantung milik pak Adang. Dia menyediakan makan enak bergizi dengan harga terjangkau. Dia pun hafal makanan kesukaanku yaitu tumis tempe. Di warung inilah aku sering bertemu teman-teman untuk makan , ngobrol ngalor ngidul dan bercanda. Kadangkala kami saling mentraktir satu sama lain atau saling membayari jika ada teman yang kehabisan bekal. Pada umumnya teman-teman memang tidak pandai mengatur uang, uang kiriman cepat habis di awal bulan.

GMNI

Aku tak ingat bagaimana mulanya, tapi pada tahun 1983 aku ikut PPAB (Pekan Penerimaan Anggota Baru) GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Bandung bertempat di gelanggang generasi muda (GGM) Bandung. Di GMNI aku bertemu dengan mahasiswa Bandung dari pelbagai perguruan tinggi. GMNI adalah organisasi makasiswa ekstra kampus yang mendasarkan diri pada asas Marhaenisme ajaran Bung Karno. Marhaenisme adalah asas perjuangan politik berbangsa dan bernegara yang berpihak pada rakyat marhaen dalam melawan kolonialisme dan capitalism guna mewujudkan kehidupan yang sejahtera lahir dan batin. Dalam marhaenisme ada sosio-nasionalisme dan sosio-demokrasi. Sosio-nasionalisme berarti nasionalisme yang berperikemanusiaan, sedangkan sosio-demokrasi adalah demokrasi politik dan ekonomi atau demokrasi yang berkeadilan sosial. Namun asas ini sempat ditinggalkan oleh GMNI karena menguatnya hegemoni politik Orde Baru yang membuat presidium (dewan kolektif tertinggi) GMNI dalam Kongres Lembang menyatakan bahwa asas GMNI adalah Pancasila. GMNI Bandung dimotori Yudi Ardiwilaga dan Yayat T. Sumitra pun menyatakan hal yang sama ketika terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris GMNI Cabang Bandung. Kendatipun demikian sebenarnya Marhaenisme tidak pernah benar-benar ditinggalkan karena ajarannya yang revolusioner memang sesuai dengan semangat mahasiswa yang pada umumnya anti kapitalisme kolonialisme dan imperialisme, sesuai dengan semboyan GMNI yang tidak pernah berubah sedari dulu : pemikir pejuang dan pejuang pemikir. Di GMNI aku menjadi salah seorang pimpinan cabang dan sempat mengikuti Kongres GMNI di Samarinda tahun 1987. Akupun merupakan salah seorang instruktur kader.













Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (disingkat GMNI) adalah sebuah organisasi mahasiswa di Indonesia. Organisasi ini adalah sebuah gerakan mahasiswa yang berlandaskan ajaran Marhaenisme. GMNI dibentuk pada tanggal 22 Maret 1954 sebagai hasil gabungan dari tiga organisasi mahasiwa, masing-masing Gerakan Mahasiswa Marhenis, Gerakan Mahasiswa Merdeka, dan Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia. (http://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Mahasiswa_Nasional_Indonesia)

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, atau disingkat GMNI, lahir sebagai hasil proses peleburan tiga organisasi mahasiswa yang berasaskan Marhaenisme Ajaran Bung Karno. Ketiga organisasi itu ialah:
Gerakan Mahasiswa Marhaenis, berpusat di Jogjakarta
Gerakan Mahasiswa Merdeka, berpusat di Surabaya
Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia, berpusat di Jakarta.

Proses peleburan ketiga organisasi mahasiswa mulai tampak, ketika pada awal bulan September 1953, Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia (GMDI) melakukan pergantian pengurus, yakni dari Dewan Pengurus lama yang dipimpin Drs. Sjarief kepada Dewan Pengurus baru yang diketuai oleh S.M. Hadiprabowo.

Dalam satu rapat pengurus GMDI yang diselenggarakan di Gedung Proklamasi, Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta, tercetus keinginan untuk mempersatukan ketiga organisasi yang seasas itu dalam satu wadah. Keinginan ini kemudian disampaikan kepada pimpinan kedua organisasi yang lain, dan ternyata mendapat sambutan positif.
Setelah melalui serangkaian pertemuan penjajagan, maka pada Rapat Bersama antar ketiga Pimpinan Organisasi Mahasiswa tadi, yang diselenggarakan di rumah dinas Walikota Jakarta Raya (Soediro), di Jalan Taman Suropati, akhirnya dicapai sejumlah kesepakatan antara lain:
Setuju untuk melakukan fusi
Wadah bersama hasil peleburan tiga organisasi bernama "Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia" (GMNI).
Asas organisasi adalah: Marhaenisme ajaran Bung Karno.
Sepakat mengadakan Kongres I GMNI di Surabaya, dalam jangka waktu enam bulan setelah pertemuan ini.
Para pimpinan tiga organisasi yang hadir dalam pertemuan ini antara lain:
Dari Gerakan Mahasiswa Merdeka:
1. Slamet Djajawidjaja
2. Slamet Rahardjo
3. Heruman
Dari Gerakan Mahasiswa Marhaenis:
1. Wahyu Widodo
2. Subagio Masrukin
3. Sri Sumantri martosuwiignyo
Dari Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia:
1. S.M. Hadiprabowo
2. Djawadi Hadipradoko
3. Sulomo

Kongres I
Dengan direstui Presiden Sukarno, pada tanggal 22 Maret 1954, dilangsungkan Kongres I GMNI di Surabaya. Momentum ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi GMNI (Dies Natalis) yang diperingati hingga sekarang. Adapun yang menjadi materi pokok dalam Kongres I ini, selain membahas hasil-hasil kesepakatan antar tiga pimpinan organisasi yang berfusi, juga untuk menetapkan personil pimpinan di tingkat pusat.

Kongres II
Sehubungan dengan banyak persoalan yang sebenarnya belum terselesaikan dalam forum Kongres I, maka dua tahun kemudian (1956), GMNI kembali menyelenggarakan Kongres II GMNI di Bandung, dengan pokok persoalan di seputar masalah konsolidasi internal organisasi. Sebagai hasil realisasi keputusan Kongres II ini, maka Organisasi cabang GMNI mulai tertata di beberapa kota.

Kongres III
Akibat dari perkembangan yang kian meningkat di sejumlah basis organisasi, tiga tahun setelah Kongres II, GMNI kembali menyelenggarakan Kongres III GMNI di Malang tahun 1959, yang dihadiri sejumlah Utusan cabang yang dipilih melalui Konperensi Cabang masing-masing. Berawal dari Kongres III ini, GMNI mulai meningkatkan kiprahnya, baik dalam lingkup dunia perguruan tinggi, maupun ditengah-tengah masyarakat.

Dalam kaitan dengan hasil Kongres III ini, masih pada tahun yang sama (1959) GMNI menyelenggarakan Konperensi Besar GMNI di Kaliurang Jogjakarta, dan Presiden Sukarno telah berkenan ikut memberikan Pidato Sambutan yang kemudian dikenal dengan judul "Hilangkan Steriliteit Dalam Gerakan Mahasiswa!".


Kongres V
Untuk lebih memantapkan dinamika kehidupan pergerakan GMNI, maka direncanakan pada tahun 1965 akan diselenggarakan Kongres V GMNI di Jakarta. Namun Kongres V tersebut gagal terlaksana karena gejolak politik nasional yang tidak menentu akibat peristiwa G30S/PKI. Kendati demikian, acara persiapannya sudah sempat direalisiir yakni Konperensi besar GMNI di Pontianak pada tahun 1965. Dalam Konferensi besar ini telah dihasilkan kerangka Program Perjuangan, serta Program Aksi bagi Pengabdian Masyarakat.
Dampak peristiwa G30S/PKI bagi GMNI sangat terasa sekali, sebab setelah peristiwa tersebut, GMNI dihadapkan pada cobaan yang cukup berat. Perpecahan dalam kubu Front Marhaenis ikut melanda GMNI, sehingga secara nasional GMNI jadi lumpuh sama sekali. Di tengah hantaman gelombang percaturan politik nasional yang menghempas keras, GMNI mencoba untuk bangkit kembali melakukan konsolidasi. Terlaksana Kongres V GMNI di Salatiga tahun 1969 (yang seharusnya di Jakarta tetapi gagal dilaksanakan). Namun Kongres V ini tetap belum bisa menolong stagnasi organisasi yang begitu parah.
Namun demikian kondisi ini tampaknya telah membangkitkan kesadaran kesadaran baru dikalangan warga GMNI, yakni kesadaran untuk tetap bergerak pada kekuatan diri sendiri, maka mulai 1969, thema "Independensi GMNI" kembali menguasai lam pikiran para aktivis khususnya yang berada di Jakarta dan Jogjakarta. Tuntutan Independensi ini mendapat reaksi keras, baik dari kalangan Pimpinan Pusat GMNI maupun dari PNI/Front Marhaenis. Tuntutan independensi ini sebenarnya merupakan upaya GMNI untuk kembali ke "Khittah" dan "Fitrah" nya yang sejati. Sebab sejak awal GMNI sudah independen. Tuntutan ini sesungguhnya sangat beralasan dan merupakan langkah antisipasi, sebab tidak lama kemudian terjadi restrukturisasi yang menyebabkan PNI/FM berfusi kedalam PDI.

Kongres VI
Setelah gejolak politik reda GMNI kembali memanfaatkan momentum tersebut untuk membangun kembali organisasinya. Dilaksanakan Kongres VI GMNI di Ragunan-Jakarta tahun 1976, dengan thema pokok: "Pengukuhan Independensi GMNI serta Konsolidasi Organisasi". Hal lain yang patut dicatat dalam Kongres VI ini adalah penegasan kembali tentang Asas Marhaenisme yang tidak boleh dicabut oleh lembaga apapun juga, serta perubahan model kepemimpinan kearah kepemimpinan kolektif dalam bentuk lembaga Presidium.
Selain itu, Kongres VI mempunyai arti tersendiri bagi GMNI, sebab mulai saat itu telah terjadi regenerasi dalam keanggotaan GMNI, yang ditandai dengan munculnya sejumlah pimpinan basis dan cabang dari kalangan mahasiswa muda yang tidak terkait sama sekali dengan konflik internal PNI/FM di masa lalu.

Kongres VII
Mengingat persoalan konsolidasi meliputi berbagai aspek, maka masalah yang sama dibahas pula dalam Kongres VII GMNI di Medan tahun 1979. dalam Kongres VII ini kembali ditegaskan bahwa: Asas organisasi tidak boleh diubah, Independensi tetap ditegakkan, dan konsolidasi organisasi harus seimbang dengan konsolidasi ideologi.


World Peace Exhibition

Sebagai mahasiswa aku tertarik dengan masalah-masalah internasional termasuk yang berkaitan dengan perdamaian dunia. Bersama teman-teman aku menyelenggarakan Pameran Perdamaian Dunia. Pameran tersebut diisi dengan seminar perdamaian dunia dengan pembidara Dr Johan Syahperi dari Departemen Luar Negri yang juga Ketua Asian Youth Council. Negara-negara besar seperti AS, US, Jepang, Perancis, Jerman dan Australia juga ikut berpartisipasis dengan mengirim buku-buku dan film. Negara-negara blok timur banyak mengirim kami poster-poster pertunjukan teater mereka dan buku-buku sastra yang bermutu. Lembaga-lembaga di bawah PBB juga berpartisipasi. Aku berterima kasih pada Prof Cecep Syarifudin yang mendukung kegiatan kami ini meski Dekan sendiri nampaknya kurang mendukung. Bono menghidupkan pameran ini dengan menggelar happening art di waktu pembukaan. Dia memboyong anak-anak binaannya di TOOT (Teater Orang-orang Terlantar) ke kampus dan menyampaikan pesan perdamaian dengan melepas burung merpati ke udara. Tak lama kemudian Gorbachov membawa semangat reformasi di Uni Sovyet dengan glasnost dan perestroika. Federasi US kemudian mengalami disintegrasi luar biasa menjadi negara-negara merdeka yang berdiri sendiri. Maka pameran tersebut menjadi bagian dari sejarah keberadaan sebuah negara adidaya yang bernama Uni Sovyet yang rontok karena reformasi politik dan ethno-nasionalisme.

1 komentar: