Senin, 19 Desember 2011

Elang Coklat Merah













Dari Sebrang Perai aku bermaksud melihat pembangunan infrastruktur Malaysia, dengan bus memasuki North-South Expressway (Lebuhraya Utara-Selatan), sebuah jalan tol sepanjang 966-km yang menghubungkan semua kota-kota besar di Malaysia bagian barat. Bus melalui Alor Star, ibukota negara bagian Kedah, kota di mana PMTuanku Abdul Rahman dan Mahathir Mohammad berasal. Terletak 93 km dari Butterworth Penang dan 45 km perbatasan Thailand. Alor Star menjadi kota pada 21 Desember 2003.

Sekedar catatan, Tun Dr Mahathir bin Mohamad ( lahir 10 Juli 1925) adalah politisi Malaysia yang menjadi PM keempat, berkuasa selama 22 tahun (1981-2003). Lahir dan besar di Alor Star, Mahathir menjadi seorang dokter, aktif di United Malays National Organisation (UMNO), mulai masuk ke Parlemen tahun 1964 dan kemudian tersingkir dari UMNO. Setelah Tunku Abdul Rahman tidak menjadi PM, Mahathir kembali ke UMNO dan parlemen dan dipromosikan ke Kabinet hingga menjadi Deputy PM pada tahun 1976, dan pada tahun 1981 menjadi PM menggantikan Huseein On.

Bus sampai di Kuala Perlis (atau Kedah?) dan dengan menggunakan ferry aku menyebrang ke Pulau Langkawi. Dalam waktu kurang lebih satu jam aku ferry tiba di The Langkawi Jetty Point. Hari telah petang di Langkawi dan malam itu aku menginap di sana sambil menikmati suasana malam di Langkawi yang tertata rapih dan bersih meski tidak seramai Kuta di Bali.

Langkawi, mendapat julukan resmi the Jewel of Kedah ( Langkawi Permata Kedah) adalah sebuah kepulauan dengan 104 pulau di Laut Andaman berjarak 30 km lepas pantai semenanjung Malaysia. Kepulauan ini adalah bagian dari Kesultanan kedah dan berbatasan dengan Thailand. Pulau terbesar bernama PulauLangkawi yang berpendudu sekitar 65.000 orang. Langkawi juga merupakan bagian administratif dari Kuah sebagai kota terbesar. Untuk tujuan pengembangan pariwisata Langkawi dijadikan daerah bebas cukai barang2 impor (a duty-free island).

Nama Langkawi berarti elang coklat merah. Kata lang berasal dari helang. Kawi berarti coklat kemerahan. Nama Langkawai permata Kedah diberikan pada tahun 2008 oleh Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah sebagai bagian pesta emasnya (golden jubilee) untuk memberi kesan pada para turis bahwa Langkawi merupakan bagian dari Kedah. Mahathir Mohamad lah yang mengubah Langkawi menjadi daerah wisata pada tahun 1986, dan itu membantu pembangunan pulau menjadi seperti sekarang, sehingga menjadi seperti Sentosa Island di Singapura, Dunia Fantasy di Jakarta atau bahkan seperti Pulau Bali.

Pada tahun 2007 pulau Langkawi ditetapkan statusnya sebagai World Geopark oleh UNESCO terdiri atas Machinchang Cambrian Geoforest Park, Kilim Karst Geoforest Park dan Dayang Bunting Marble Geoforest Park. Tempat-tempat ini merupakan area wisata yang populer.

Perekonomian Langkawi yang semula berbasis pertanian padi dan perkebunan karet serta perikanan dengan cepat digantikan oleh pariwisata yang memperhatikan pelestarian alam, dan kecantikan ekologis.

Program pembangunan The Northern Corridor Economic Region (NCER) merupakan prakarsa pemerintah Malaysia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di utara semenanjung Malaysia yang meliputi negara bagian Perlis, Kedah, Penang, dan Perak. Untuk memperkuat posisi Langkawi sebagai tujuan wisata bertaraf internasional, NCER bekerja mengundang hotel dan resor kelas dunia ke pulau itu. Target NCER adalah meningkatkan pengeluaran wisatawan dari 1.890 ringgit di tahun 2005 menjadi 3.034 ringit di tahun 2012.

Hari berikutnya aku meninggalkan Langkawi kembali menuju George Town untuk kembali ke Medan. Dalam perjalanan dengan bus sepanjang lebuh raya, pemandu yang pensiunan tentara menyetel lagu-lagu Indonesia menggunakan tape recorder. Lagu-lagu lama Tety Kadi. Pak pemandu memiliki banyak koleksi kaset dari penyanyi legendaris Indonesia tersebut karena di memang seorang pengagum berat Tety Kadi.

2 komentar:

  1. salam kenal...
    waaaaah, menarik! kebetulan saya akan trip ke langkawi. Ini itinerary saya mas:
    KL-KUANTAN-KOTA BHARU-NARATHIWAT-PATANI-PERLIS-LANGKAWI (BY BUS) 3 hari
    explore langkawi sehari
    LANGKAWI-KL (BY FLIGHT)

    ada saran mas? transport dan nginep yang murah
    makasih banyak

    BalasHapus
  2. waalaikumsalam

    saran saya dari Langkawi naik bus ke KL...puas capeknya... he he

    BalasHapus