Kamis, 17 Februari 2022

Berkunjung ke Kota Malang

Tidak lama setelah anak pertamaku, Mbak Dea menikah dengan Mas Sandy, aku dan istriku pergi ke kota Malang untuk mengunjungi besan kami. Pada bulan Februri 2018,  kami naik KA Malabar dari Stasiun Kiaracondong, Bandung, pada suatu petang. KA bergerak ke timur melewati Rancaekek, Cicalengka, Nagreg hingga Cibatu. Karena hari masih terang kami masih bisa menikmati pemandangan di luar. Kereta bergerak cepat melewati pemukiman, pesawahan, perkebunan, perbukitan dan sungai. Kadang kereta berada di ketinggian, dan di kejauhan nampak lembah yang permai dengan padi yang menguning, hijau pepohonan dan gunung-gunung di kejauhan. Setelah malam datang menyelimuti, kami pun menikmaticahaya terang di dalam gerbong sambil mendengar deru mesin dan gerak kereta yang berirama.

Kereta terus bergerak menembus malam. Ciamis, Tasikmalaya, Banjar, Sidareja, Kroya, Kebuman, Kutoardjo, Wates, Yogyakarta, Klaten, Solo, Sragen, Walikukun, Paron, Madiun dan Nganjuk. Saat waktu subuh tiba kereta masih melaju melalui Kertasana, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.  Saat kereta meninggalkan stasiun Tulungagung, dunia mulai nampak cerlang cemerlang. Mentari nampak bergerak dari kanan ke kiri, menghilang di kerimbunan dedaunan lalu muncul di atas pesawahan dengan sinarnya yang keperakan menyilaukan. Sungguh pemandangan yang sangat indah.

Akhirnya kereta tiba di Wlingi, Kepanjen dan tidak lama kemudia sampailah kami di stasiun Malang. Di sana mbak Dea dan mas Sandy menjemput kami . Ini adalah kunjunganku ke kota Malang yang kedua. Kunjunganku ke kota Malang seingatku adalah di tahun 1995. Sedang bagi istriku, ini adalah kunjungannya yang pertama.

Pagi itu udara kota Malang terasa sejuk. Dari stasiun KA kami melewati stadion olah raga Gajayana yang merupakan home base dari klub sepakbola Persema yang bisa disebut Laskar Ken Arok,  menuju kampus Universitas Brawijaya. Bulevar  di depan kampus sangat bagus mengingatkan pada bulevar di kampus Universitas Diponegoro di Jalan Imam Bardjo. Kami berkeliling kampus dan mengunjungi fakultas tempat mbak Putri mengajar. Di beberapa spot kami berhenti untuk mengambil gambar.

Dari Unibraw kami  mengunjungi depot pecel Ibu Djarot untuk sarapan pagi bersama besan kami yang perempuan, Dr. Hj. Budi Prihatminingtyas, M.AB . Makan pecel di pagi hari dengan dilengkapi peyek kacang serta segelas air jahe panas sungguh amat nikmat.

Seusai sarapan kami menuju kampus Untri (Universitas Tribuana Tungga Dewi) tempat besan kami mengajar di mana kami dikenalkan dengan seorang Dekan di kampus tersebut. Dari sana kami menuju guest house di Jalan Coklat untuk mandi dan beristirahat. di guest house kami hanya berdua saja. Guest house  milik besan kami ini bangunannya cukup besar dan terletak di tengah kota Malang yang sibuk.

Malam harinya pak Drs. H. Rachmad Yusuf Susanto, M.AB  dan keluarga datang berkunjung ke guest house. Dari guest house kami berjalan kaki ke sebuah rumah makan untuk makan malam. Pak Rachmad dan nyonya menjamu kami makan malam yang spesial dengan menu  sea food. kami pun mengobrol secara leluasa. Pak Rachmad dan nyona bersama anak mereka  yang masih lajang mas Tony dan mbak Putri. Aku berdua bersama istriku. Mbak Dea dan mas Sandy. usai makan malam mereka mengantar kami ke guest house untuk beristirahat.

Batu

Keesokan paginya, kami dijemput mas Sandy dan mbak Dea. Setelah sarapan nasi krawy khas Gresik, kami meluncur ke luar kota, melewati Kampung Pelangi di tepian Sungai Brantas menuju kota Batu. Batu adalah sebuah kota yang relatif baru, sebelumnya Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang. Jadi kini ada kota Malang, kabupaten Malang dan kota Batu. Perjalanan ke Batu cukup mengasyikkan, maklum kota Batu merupakan daerah tujuan wisata. Jalan ke Batu terus menanjak sejak ke luar dari kota Malang, seperti perjalanan dari Bandung ke Lembang. Banyak obyek wisata di kota itu yang bertebaran di sepanjang jalan. Tujuan kami kali ini adalah sebuah agrowisata, kebun apel. Menjelang tengah hari kami sudah sampai di sana. Pengunjung cukup ramai sejak di tempar parkir dan pintu masuk. Di dalamnya ada bermacam-macam obyek wisata yang bisa dinikmati. Panggung hiburan, kolam renang, resto, wisata kebun apel, pasar rakyat yang menjual tanaman dan cindera mata dan tempat outbond. Pemandangan di sekitar agro wisata ini sangat indah mengingatkan kami pada Lembang,  Pangalengan dan Ciwidey. Gunung di kejauhan, hutan yang hijau, padang rumput, dan kebun apel. Kamipun berkeliling  ke semua obyek wisata di dalamnya sambil berfoto ria. Saat hujan turun kami singgah di warung desa yang ada di dalaml. Kami menikmati makan siang dengan menu makanan khas Malang serta menikmati kopi panas dan kudapan.

Selepas waktu dzuhur kami meninggalkan lokasi aggrowisata apel dan kembali menuju Malang. Kali ini jalan terus menurun dan lalu lintas sudah mulai padat. Sebelum ke guest house kami menuju rumah Pak Haji Rachmad, besanku di Lowokwaru, tepatnya di jalan Nes. Itu pertama kami kami berkunjung ke rumah beliau. Kami banyak berbincang soal politik baik nasional, Jawa Barat maupun lokal khususnya di kota Malang.  Menjelang sore hari kami pun kembali ke guest house. Kali ini mbak Dea tinggal dan tidur bersama kami.

Sendang Biru.

Hari berikutnya aku sudah mulai mencari sarapan sendiri. Yang kucari masih tetap nasi krawu. Nasi krawu itu nasi putih yang dibungkus daun pisang disertai lauk seperti  daging dan serundeng dan sedikit sambel. Penjual nasi krawu kebetulan tidak jauh dari guest house. Boleh dikatakan tetangga rumah saja. Saat pagi kios penjual nasi krawu selalu didatangi pelanggan. Tidak sampai pukul sepuluh, barang dagangannya sudah ludes dibeli orang.

Setelah sarapan pagi bertiga  dengan nyonya dan mbak Dea, mas Sandy menjemput kami dan kami pun keluar dari guest house, berbelok ke kiri lalu menuju arah Kepanjen. Kepanjen  adalah ibukota kabupaten Malang. Dari Kepanjen kami terus mengarah ke selatan melewati kota kota kecamatan dan desa. Setelah beberapa jam kami tiba di wilayah pantai selatan. Seingatku kami pantai pertama yang kami kunjungi adalah pantai Bajul Mati. Pantainya relatif masih sepi dan bersih dengan banyak tanaman cemara udang. Kami pun berjalan-jalan sepanjang pantai. Anggap saja mbak Dea berbulan madu dengan dengan mas Sandy, dan aku dengan istriku. Setelah puas menikmati pasir putih, laut dan langit biru, deburan ombak, panas sinar mentari serta desir angin kami pun meninggalkan pantai.

Kami berkendara menyusuri pantai ke arah timur. Banyak sekali spot wisata sepanjang selatan Malang ini. Jalan yang bagus dan lengang membuat perjalanan sangat nyaman. Kami pun tidak lupa singgah di sebuah rumah makan di tepi pantai yang menjajikan makanan ikan segar dari laut. Maka sempurnalah traveling kami ini.

Senyampang ada waktu kami bergerak ke arah timur dan setelah beberapa kilometer berbelok ke kanan, lalu menaiki dan menuruni punggung bukit yang dipenuhi pepohonan rimbun. Di depan mata pemandangan yang menakjubkan, pantai yang dipenuhi kapal nelayan. Lautnya nampak biru permai. Pantai Sendang Biru. Aku seperti bermimpi melihatnya . Ini pantai yang fotonya banyak menghias kalender dan menerbangkan imajinasi. Seakan tidak percaya, akupun langsung menghambur ke pantai yang dipenuhi kapal-kapan nelayan.

Kami berjalan jalan dari ujung pantai yang satu ke ujung pantai yang lain. Kadang mengendap di balik kapal yang bersandar. Jika lelah kami pun duduk di dermaga memandang laut yang tenang dan memandang ke Pulau Sempu di sebrang tidak jauh dari pantai. Hanya sepelemparan batu saja. Pulau Sempu nampak anggun seperti gundukan batu zamrud hijau. Satu dua perahu perahu nelayan hilir mudik dari pantai ke pulau dan sebaliknya. Pulau Sempu seperti baru diciptakan Tuhan. Begitu baru dan sempurna. Masya Allah.

Sepulang dari pantai kami tidak lupa singgah ke pasar ikan modern, masih sehamparan dan tidak jauh dari dermaga. Setelah itu kami meninggalkan pantai melewati  perkampungan nelayan yang ramai. Perkampungan nelayan nampaknya sudah cukup lama dan seperti tersembunyi di balik hutan dan perbukitan. Sementara itu nampaknya pemerintah sudah membuat sebuah apartemen nelayan yang megah di tepi jalan raya.

Dari pantai Sendangbiru ke Malang jaraknya sekitar 80 km. Mas Sandy membawa mobil tidak melalui jalan utama melainkan melalui jalan alternatif seperti saat pergi. Jadi kami melewati jalan yang berbeda saat pergi dan pulang. Namun suasana pedesaan masih kental terasa baik pada perjalanan pergi maupun pulang.  Menjelang isya kami sampai di kota Kepanjen. Kami pun melewati stadion Kanjuruhan, home base dari klub sepakbola Arema.  Dari sini lalu lintas nampak padat hingga ke kota Malang. Saat tiba di guest house kami segera mandi, salat, makan dan beranjak tidur.

Keesokan harinya kami, aku dan istriku, mas Sandy dan mbak Dea, meninggalkan kota Malang menuju Yogyakarta. Mbak Putri mengantar kami sampai stasiun KA. Kami menggunakan kereta api menuju Yogyakarta.  Aku lupa nama keretanya, Kertanegara Gajayana atau Malioboro Ekspres.  Sepanjang perjalanan kami berbincang-bincang mengenai budaya dan sejarah Sunda maupun Jawa. Antara lain membahas kisah Dyah Pitaloka, putri kerajaan Sunda yang tewas dalam insiden di Bubat bersama ayahnya dan juga para hulubalang raja.

Menjelang malam kami tiba di stasiun Tugu. Setelah membeli tiket KA ke Bandung, kami masih sempat mengobrol dan mengambil foto sebelum berpisah. Mbak Dea dan mas Sandy kembali ke rumah, sedangkan aku dan istriku menunggu kereta api dari Surabaya.  Saat menunggu  datangnya kereta api, ternyata kami bertemu dengan tetangga  yang sama-sama hendak pulang ke Bandung. Pengumuman datang dari pengeras suara, bahwa kereta api Lodaya segera masuk ke jalur. Saat kereta berhenti kami pun segera masuk. Tidak lama kemudian kereta api pun berangkat menujup Bandung meninggalkan Yogyakarta.