Selasa, 19 Mei 2020

Telkom University

Tidak lama setelah pindah ke Rumah Gunung, anakku yang bungsu, Prajakusuma, lulus dari SMA Negeri 6 di Jl. Pasirkaliki, Bandung. Ia diterima di FMBTI Universitas Telkom yang populer dengan nama Tel-U (Telkom University), sebuah universitas yang tergolong sebagai corporate university, yang dikelola oleh sebuah yayasan milik Telkom. Letaknya di selatan kota Bandung, tepatnya di Bojongsoang, hanya satu dua kilometer dari pintu keluar tol Buahbatu.

Tel-U tergolong universitas favorit dan unggul. Untuk masuk kesitu, pada saat itu - sekitar tahun 2012- kami harus menyiapkan dana sekitar Rp. 25 juta untuk dana ini dan itu termasuk biaya setahun pertama di asrama. Praktiknya anakku harus tinggal di flat (rusunami/rusunawa) di Jl. Terusan Buahbatu pada lantai paling atas. Dari asrama ia naik sepeda ke kampus melewati lorong underpass jalan tol, beberapa komplek perumahan dan pemukiman warga. Sepanjang jalan dipenuhi rumah kost mahasiswa, toko dan warung nasi.

Selama setahun pertama aku nyaris pergi pulang ke asrama anakku. Kadang menunggu di kamar atau di kafetaria dilantai bawah dan basement. Kadang sepulang mengajar di hari jumat malam aku menjemputnya di asrama. Kadang aku juga mengantar atau menjemput di kampusnya yang megah dan modern.

Pada tahun kedua Praja sudah boleh keluar asrama. Awalnya ia kost
di daerah Bojongsoang tapi kemudian ia tinggal di rumah. Ibunya membelikannya motor kreditan. Praja bisa pulang pergi ke kampus dengan jarak yang cukup jauh, sekitar 40 km pergi pulang.

Pada tahun kesekian Praja melakukan Praktik Kerja Lapangan sekitar satu bulan di Sekolah Telkom di Jl. Gegerkalong Bandung. Seingatku waktu itu bulan puasa. Di akhir PKL nya ia pulang dengan membawa bingkisan lebaran.

Kini anakku sedang berada di tahapan akhir perkuliahannya. Untuk tugas akhirnya ia melakukan penelitian tentang industri musik indies di Indonesia. Untuk itu ia sering menonton konser, membeli CD musik indies dan mengikuti seminar industri musik di berbagai kota. Sebagai ayahnya aku berharap ia segera menyelesaikan kuliahnya dengan hasil yang terbaik.

Tel-U terus berkembang. Asrama untuk mahasiswa sudah lengkap baik untuk putra dan putri. Kerjasama internasional terjalin baik dengan banyak perguruan tinggi  di luar negeri. Sistem penjaminan mutunya berjalan sangat baik. Kini Tel-U terakreditasi A pada BAN-PT. Sebagai orang tua tentu aku ikut bangga anakku kuliah di situ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar