Kamis, 14 September 2023

Simulasi Pengamanan Pilpres



 

Capres Duren berkampanye di Jl. Alfathu Soreang. Ketika sedang berorasi terjadi insiden upaya pembunuhan sehingga terjadi kekacauan. Aparat keamanan berhasil meringkus pelaku. Paspampres pun berhasil mengamankan capres Duren.

---

Capres Melon berkampanye dengan lancar di alun alun Soreang. Ketika dalam perjalanan dihadang para pendukung Capres Melon. Kerusuhan tidak terhindarkan.

Pengunjuk rasa mulai berbuat anarkhis dengan merusak fasilitas umum dan toko toko. Polri dibantu TNI melakukan upaya mengatasi kerusuhan. Mulai dengan menurunkan Sabhara, Brimob sampai Detasemen 45. Upaya dilakukan mulai dari persuasif melalui perundingan, mengerahkan pasukan dengan menggunakan tameng, menggunakan water canon untuk menyemprotkan air, menggunakan gas air mata, menggunakan anjing, sampai menembak dengan peluru karet. Akhirnya pengunjuk rasa bisa dibubarkan.

Tidak berhenti di situ perusuh kemudian melakukan pembajakan bus. Polri melakukan upaya pembebasan sandera dan pelumpuhan pembajak dengan melakukan peledakan. Pembajak tertembak mati dan sandera bisa dibebaskan. Tim Inafis melakukan rekonstruksi. Tim kesehatan membawa korban ke RS Polri untuk diotopsi.

Paling akhir terjadi penghadangan terhadap Capres Melon bahkan dengan melakukan pengeboman kendaraan. Sekali lagi upaya tersebut bisa diatasi. Tim Jihandak diturunkan. Petugas damkar dikerahkan untuk memadamkan api dari kendaraan roda empat dan roda dua yang terbakar di jalan.

Setelah kerusuhan bisa diatasi, maka humas Polri dan unit trauma healing bergerak menenangkan masyarakat dibantu satpol PP di dan Linmas.

Begitu garis besar simulasi Pengamanan Pilpres 2024.

Acara bertajuk Simulasi Sispam Kota diadakan oleh Polresta Bandung diikuti oleh ratusan peserta dari Polri TNI dan ASN disaksikan oleh Bupati dan Forkompimda dan Kepala dinas dan Badan, serta para Camat se Kabupaten Bandung. Para Ketua Parpol dan Ormas juga turut menyaksikan acara tersebut.

Usai simulasi, para peserta bersama sama melakukan senam Maumere secara massal tidak terkecuali Bupati dan semua undangan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar