Rabu, 19 Juli 2023

Kegiatan Reses di Cimenyan dan Cicalengka

 

Reses adalah kegiatan di luar masa sidang atau kegiatan di luar parlemen di mana anggota legislatif kembali ke daerah pemilihannya untuk bertemu konstituen maupun masyarakat luas untuk menyerap aspirasi.

Hari Selasa sd Jumat, 11 sd 14 Juli 2023 para anggota DPRD Kabupaten Bandung melakukan reses di tujuh Dapil meliputi 31 Kecamatan (270 desa dan 10 kelurahan). Setiap aleg melakukan reses di empat titik dengan melakukan pertemuan umum.

Saya berkesempatan menghadiri reses Yth Anggota DPRD Kabupaten Bandung di dua tik kumpul. Pertama pada hari Selasa di Dapil 3 yang meliputi Cimenyan Cilengkrang Cileunyi Bojongsoang. Aleg nya adalah Ibu Juwita. Pada Hari Rabu di Dapil 4 meliputi Rancaekek Cicalengka Nagreg dan Cikancung. Alegnya Bapak M. Luthfi Haffiyan. Keduanya dari Fraksi PDI Perjuangan.

Di Dapil 3 bertempat di hall Klinik Medika Jl. Awiligar pada pukul 10.00 dan di Dapil 4 di Kafe Siupi di Jalan Raya Cicalengka. Di Kafe Siupi saya menghadiri dua kali reses meskipun masih pada hari yang sama. Pukul 11.00 dan pukul 13.00.

Pada reses di Dapil 3 ada kegiatan sosial pemeriksaan mata dan pemberian kacamata bagi lansia. Sedang pada reses di Dapil 4 ada sosialisasi Bank Jabar (BJB) mengenai perbankan untuk usaha mikro kecil dan menengah serta kampanye menabung di bank.

Bu Juwita dan Pak Luthfi sebagai petahana menyampaikan niatnya untuk "running" atau maju lagi dalam pileg 2024. Masih di Dapil yang sama. Bu Juwita dan Pak Luthfi juga menyampaikan pada hadirin bahwa saya mencalonkan diri ke DPR RI dari Dapil Jabar 2 yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Pada Reses Masa Sidang III Tahun 2023 ini, semua anggota legislatif dari Fraksi PDI Perjuangan turun ke Dapil masing masing tanpa terkecuali.

Pak Henhen Asep Suhendar di Dapil 1

Pak Dadang Konjala di Dapil 2

Ibu Juwita di Dapil 3

Pak M. Luthfi Haffiyan di Dapil 4

Pak Dadang Hermawan di Dapil 5

Pak Yayat Sumirat di Dapil 6

Pak Erwin Gunawan di Dapil 7

Usai menghadiri acara reses di Dapil 3 saya berkendara naik ke arah perumahan Awiligar. Perumahan ini punya nilai sejarah tinggi bagi PDI Perjuangan khususnya PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat dan lebih khusus lagi PDI Perjuangan Kabupaten Bandung. Di sini ada rumah Ibu Megawati Soekarnoputri tepatnya di Jl. Awiligar Agung. Jika ada acara di Bandung, Ibu Megawati biasanya singgah dan bermalam di sini. Di awal tahun 1990 sampai 2000 kami dari DPC Kabupaten Bandung dan PAC PDI Perjuangan Kecamatan Cimenyan bahkan sering mengadakan pertemuan di rumah Ibu Megawati. Kebetulan penjaga rumahnya, Mas Wagiman, adalah salah seorang PAC PDI Perjuangan Kecamatan Cimenyan. Sejak Ibu Megawati menjadi Wakil Presiden dan kemudian menjadi Presiden, Mas Wagiman ikut ke Jakarta hingga saat ini.

Pada tahun 1999, Ibu Megawati Soekarnoputri pernah menjadi Wakil Rakyat dari Kabupaten Bandung sebelum terpilih sebagai Wapres berpasangan dengan Gusdur dan kemudian menjadi Presiden berpasangan dengan Hamzah Haz. Bukan hanya Ibu Megawati, Pak Taufiq Kiemas juga pernah mewakiki Kabupaten Bandung di Senayan.

Kabupaten Bandung pada tahun 1999 meliputi Kabupaten Bandung saat ini, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar