Sabtu, 26 Agustus 2023

Diseminasi Tata Kelola Administrasi Bantuan Keuangan Parpol

May be an image of 7 people, table and dais


Kemarin saya, Kang Dentarsa Denni dan Kang Nanang Parhan mengikuti kegiatan Diseminasi Tata Kelola Administrasi Bantuan Keuangan Partai Politik yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bandung di Hotel Sultan Raja, Soreang, Kamis 24 Agustus 2023.

Pagi pagi setelah menghabiskan secangkir kopsus dan setangkup roti buatan yayang, saya memasuki jalan tol Padaleunyi dan singgah di rest area KM 149. Maksudku hendak mengambil uang untuk membeli Pertalite mengingat indikator di dashboard menunjukkan posisi BBM sudah di garis terbawah. Selain itu saya juga harus mengisi saldo e toll. Tapi untuk kesekian kalinya ATM di rest area KM 149 tidak berfungsi. Sedikit panik saya mengisi tanki BBM dengan Pertalite seharga Rp 50 K. Cukup untuk ke Soreang.

Sekitar pukul 07.30 saya tiba di Soreang. Lalin sangat lengang di seputar ibukota. Oh nikmatnya. Saya bisa menikmati suasana kota yang nyaman. Setelah melewati kantor Bupati Bandung saya segera memasuki gerbang Hotel Sultan Raja. Di hotel sudah ada Kang Denni. Kami berjalan ke belakang dan naik ke Lantai 3. Ternyata baru kami berdua yang hadir.

Kami menunggu di ballroom hingga sekitar pukul 10.00 ketika acara tersebut dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bandung Bambang Sukmawijaya.

Setelah opening ceremony ditutup dengan doa, acara dilanjutkan dengan bimbingan teknis masalah pengelolaan bantuan partai politik. Materi pertama dan kedua dari Inspektur yang membahas mengenai landasan hukum dan pengawasan keuangan. Materi ketiga berasal dari Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) mengenai tata cara penerimaan dan pelaporan keuangan. Materi keempat dari bagian keuangan Bakesbangpol mengenai teknis pemanfaatan dan pelaporan keuangan.

Menurut peraturan perundang-undangan bantuan parpol hanya bisa digunakan untuk dua kegiatan yakni untuk biaya operasional kantor dan pendidikan politik dengan perbandingan 40:60. Untuk Pendidikan politik parpol bisa melakukan kegiatan seminar, sarasehan, workshop, diklat, diskusi dan sosialisasi.

Saya memberikan apresiasi pada pemerintah khususnya pemerintah Kabupaten Bandung atas bantuan Keuangan bagi parpol. Bantuan tersebut akan sangat bermanfaat bagi upaya pendidikan politik dan akan melengkapi iuran dari kawan kawan Fraksi PDI Perjuangan.

Bantuan Keuangan Partai Politik yang selama ini kami terima biasanya cukup untuk mengadakan tiga kali pendidikan politik dengan peserta sekitar 100 orang satu kali kegiatan.

Setidaknya kami sudah melakukan dua kali kursus kader tingkat pratama , satu kali Rakercab, satu kali PPSD, beberapa kali sarasehan dan sosialisasi baik di Sekretariat maupun di luar Sekretariat. Di luar Sekretariat kami lakukan di hotel jika kegiatan tidak selesai dalam satu hari.

Pada kegiatan kemarin beberapa partai politik hadir seperti dari PKB, PAN, Golkar, PKS selain dari PDI Perjuangan tentunya.

Sekitar pukul 12.00 acara selesai. Usai makan siang saya berpamitan pada Kang Denni, Kang Nanang dan Gumelar.

Saat pulang saya berhenti sejenak di rest area KM 147 untuk melaksanakan salat.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar