Minggu, 22 Oktober 2023

Bougenville Sedang Bagus-bagusnya


Setiap memasuki Jalan tol Padaleunyi pada musim kemarau (sekarang kemarau panjang atau biasa disebut El Nino) hati  saya selalu mendadak gembira. Bunga bougenville di pembatas jalan sepanjang jalan tol bermekaran penuh. Warnanya merah menyala semu violet. Setidaknya saya menikmati sejak masuk pintu tol Cileunyi sampai pintu tol Buah Batu. Seandainya tidak sambil mengemudi dengan kecepatan tinggi saya ingin mengambil gambar dan seperti tradisi baru, berswafoto (selfi).

Sebenarnya tidak hanya bougenville yang bermekaran. Bunga bungur (ungu) juga bermekaran di sisi kiri kanan jalan. Ada juga bunga bunga yang lain. Seperti bunga kamboja. Bunganya kuning menggantikan daunnya yang luruh ke bumi.

Sebagian pohon peneduh di kiri kanan jalan ada yang hilang karena ditebang untuk menyediakan lahan bagi jalur rel kereta api cepat Jakarta Bandung (KCJB). Tapi itu tidak mengurangi keindahan panorama jalan tol Padaleunyi. 

Pada sisi kanan ada GOR BLA (Bandung Lautan Api) yang bentuknya seperti pesawat UFO landing di tengah tengah lahan pesawahan. Kini ada obyek baru, Masjid Al Jabbar.

Kalau dari arah Padalarang kini ada akses pintu tol Gedebage. Saya sempat memasukinya dan ternyata keluar di perumahan Sumarecon yang memiliki akses ke Gedebage, Masjid Al Jabbar dan GOR BLA.

Dari GOR BLA kini ada akses ke Stasiun Tegalluar, Stasiun terakhir KCJB. Dari sini kita bisa naik kereta cepat ke Jakarta. Untuk sementara harga tiketnya dijual Rp 150.000 saja. Harga resmi sekitar Rp 300.000. Tiket bisa dibeli secara daring atau langsung di loket Stasiun Tegalluar.

Demikian sekilas info buat netizen di mana pun berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar