Selasa, 23 Mei 2023

PDI Perjuangan Mendaftarkan Diri ke KPU

 


Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto secara resmi mendaftarkan PDI Perjuangan sebagai peserta pemilu 2024.

Surat pendaftaran itu diserahkan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, yang dikuasakan untuk menyerahkannya kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari.

Serah terima dilakukan di dalam gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022). Jajaran PDIP hadir dipimpin oleh Hasto. Dia didampingi Bambang Wuryanto (Ketua DPP Partai Bid. Pemenangan Pemilu); Komarudin Watubun (Ketua DPP Partai Bid. Kehormatan Partai), Djarot Saiful Hidajat (Ketua DPP Partai Bid. Ideologi dan Kaderisasi), Sukur H. Nababan (Ketua DPP Partai Bid. Organisasi); Ahmad Basarah (Ketua DPP Partai Bid. Luar Negeri), Sri Rahayu (Ketua DPP Partai Bid. Kesehatan, Perempuan & Anak), Utut Adianto (Wakil Sekjen Bid. Internal), Arif Wibowo (Wakil Sekjen Bid. Pemerintahan), Sadarestuwati (Sekjen Bid. Kerakyatan) dan Prasetyo Edi Marsudi.

Saat tiba, Hasto dan rombongan diterima Pimpinan KPU. Mereka kemudian dipersilahkan mengisi buku tamu. Usai itu, Hasto dan Bambang Wuryanto dikalungi kain tenun tradisional.

Mereka menuju ruangan dan dilanjutkan dengan pemutaran lagu Mars PDI Perjuangan. Hasto kemudian mempersilahkan Bambang Wuryanto yang akrab disapa Pacul, untuk menyampaikan dokumen ke Ketua KPU.

Pacul menyampaikan sambutan singkat dan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen. Ketua KPU kemudian memberi sambutan singkat atas momen tersebut. Usai itu, mereka melakukan foto bersama.

Hasto dan rombongan kemudian memberikan keterangan kepada media yang telah menunggu di luar ruang.

Hasto menjelaskan Megawati memberikan mandat kepada Bambang Wuryanto untuk mewakili ketua umum PDIP di dalam pendaftaran partai politik peserta pemilu taun 2024

“Dengan demikian Mas Bambang Pacul Wuryanto dalam kapasitas mewakili ibu ketua umum dan proses verifikasi parpol selanjutnya akan dilakukan,” kata Hasto.

Hasto mengatakan pihaknya mendaftar di hari pertama pendaftaran dibuka. Dan menjadi pendaftar pertama. Alasan atas hal itu adalah sederhana. Yakni karena memang PDIP sudah siap.

“Yang dilakukan PDI Perjuangan mengapa jadi peserta pemilu pertama yang mendaftar, karena menunjukkan kesiapsiagaan dari seluruh jajaran partai,” kata Hasto.

Dalam proses yang bersamaan, lanjut Hasto, re-evaluasi terkait sertifikasi manajemen kepartaian melalui ISO 9000:1 2015 dilakukan dan PDIP sebagai satu-satunya partai di Asia yang mendapatkan sertifikasi manajemen itu.

“Tekad dari PDI Perjuangan itu kami menyatu dengan kekuatan rakyat di dalam menyongsong pemimpin pada tahun 2024 yang dipersiapkan secara khusus dari PDI Perjuangan oleh ibu Megawati Soekarnoputri,“ pungkas Hasto.

Kanal YouTube

DPD, DPC, PAC, PR, PAR serta Fraksi PDI Perjuangan (DPR RI, DPRD Provinsi Kota dan Kabupaten se Indonesia mengikuti pendaftaran parpol tersebut melalui kanal YouTube DPP PDI Perjuangan.

Input data

Kendati pendaftaran resmi dilakukan pada hari ini, input data ke dalam Sipol (sistem informasi partai politik) sudah dilakukan kemarin, tanggal 31 Juli 2022 langsung dari kantor DPP PDI Perjuangan dilakukan secara online. Input data dilakukan oleh DPP dan disaksikan oleh DPD DPC PAC PR PAR dan Fraksi PDI Perjuangan seluruh Indonesia secara daring. Adapun data pengurus dan anggota yang dinput ke dalam Sipol KPU berjumlah 477.777 orang lengkap dengan foto KTP dan KTA PDI Perjuangan, juga alamat Kantor Partai di seluruh Indonesia dari pusat Daerah (34) Cabang (541) dan Anak Cabang (lebih dari 5000).

Rilis KPU

Dalam rilisnya KPU mengatakan bahwa parpol yang memiliki akun Sipol terdiri dari 39 parpol Nasional dan delapan parpol lokal (NAD).

Parpol tersebut adalah ...

1. Partai Golongan Karya

2. Partai Bhinneka Indonesia

3. Partai Hati Nurani Rakyat

4. Partai Bulan Bintang

5. Partai Swara Rakyat Indonesia

6. Partai Rakyat Adil Makmur

7. Partai Persatuan Indonesia

8. Partai Demokrat

9. Partai Nasdem

10. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

11. Partai Solidaritas Indonesia

12. Partai Keadilan dan Persatuan

13. Partai Ummat

14. Partai Gelombang Rakyat Indonesia

15. Partai Kebangkitan Nusantara

16. Partai Pandu Bangsa

17. Partai Persatuan Pembangunan

18. Partai Republikku Indonesia

19. Partai Keadilan Sejahtera

20. Partai Pergerakan Kebangkitan Desa

21. Partai Garda Perubahan Indonesia

22. Partai Gerakan Indonesia Raya

23. Partai Amanat Nasional

24. Partai Negeri Daulat Indonesia

25. Partai Buruh

26. Partai Berkarya

27. Partai Kebangkitan Bangsa

28. Partai Reformasi

29. Partai Kedaulatan

30. Partai Republik

31. Partai Mahasiswa Indonesia

32. Partai Pelita

33. Partai Pemersatu Bangsa

34. Partai Rakyat

35. Partai Damai Kasih Bangsa

36. Partai Demokrasi Rakyat Indonesia

37. Partai Damai Sejahtera Pembaharuan

38. Partai Republik Satu

39. Partai...

Dari 39 parpol yang mendaftar pada hari ini ada beberapa parpol. Selain PDI Perjuangan ada PKP, PKS dan Nasdem.

Disiarkan secara live

Pendaftaran parpol hari ini disiarkan secara live oleh metro tv.

- PDI Perjuangan

- Partai Keadilan dan Persatuan

- Partai Reformasi

- Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

- Partai NasDem

- Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)

- Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

- Partai Gelora

- Partai Buruh

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar