Kamis, 18 Mei 2023

Rakernas II PDI Perjuangan Diselenggarakan Secara Hybrid

Rakernas II PDI Perjuangan berlangsung di Sekolah Partai di Jakarta tanggal 21 sd 23 Juni 2022 bertemakan Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat dengan sub tema Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara.

Presiden Joko Widodo didampingi Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR Puan Maharani, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, dan Kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri menyampaikan pidato pada Pembukaan dan penutupan Rakernas II PDI Perjuangan tersebut.

Rakernas II ini seyogyanya diselenggarakan tahun 2021 tapi diundur karena pandemi. Setelah mengalami beberapa kali penundaan, akhirnya Rakernas terselenggara secara luring. Pesertanya terbatas DPP, 34 DPD dan DPR RI Fraksi PDI Perjuangan saja. DPC PDI Perjuangan tidak diikutsertakan seperti pada Rakernas I yang berlangsung di Area Jakarta Fair Kemayoran Jakarta.

Meski begitu DPC PDI Perjuangan dan Fraksi PDI Perjuangan Provinsi, Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia mengikuti acara pembukaan secara daring.

Rekomendasi Rakernas II PDI Perjuangan adalah sebagai berikut :

REKOMENDASI

RAPAT KERJA NASIONAL KE-II TAHUN 2021

PDI PERJUANGAN

Rakernas II PDI Perjuangan dilaksanakan di tengah berbagai persoalan pokok bangsa. Pertama, perekonomian Indonesia belum sepenuhnya pulih akibat PandemiCovid-19. Pandemi telah mengubah seluruh tata kehidupan, berdampak serius pada peningkatan kemiskinan rakyat, dan memiliki implikasi jangka panjang pasca kebijakan social distancing selama lebih dari 2 (dua) tahun. Kedua, ketidakpastian dunia akibat pertarungan geopolitik yang ditandai dengan perang Rusia-Ukraina; ketegangan di Laut Cina Selatan; kerawanan keamanan di Timur Tengah dan juga potensi konflik yang terjadi di Semenanjung Korea. Perang Rusia-Ukraina memilikidampak serius terhadap sistem perekonomian global; terganggunya rantai suplai pangan; krisis energi; perang dagang yang diikuti dengan perlombaan senjata.Dampak lebih lanjut inflasi meningkat dan dunia menghadapi ancaman resesi. Ketiga,perubahan iklim global dengan seluruh dampak negatifnya.

Di tengah ketiga persoalan tersebut, bangsa Indonesia memiliki agendapenting dan strategis. Pertama, presidensi Indonesia di G20 dengan pertemuanpuncak yang akan dilaksanakan pada 15-16 November 2022. Penyelenggaraan G20menjadi momentum kepemimpinan Indonesia bagi dunia. Kedua, agenda pemulihanperekonomian nasional akibat pandemi Covid 19. Ketiga, memberikan dukungansepenuhnya bagi pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Aminagar meninggalkan legacy yang begitu penting bagi masa depan bangsa. 

Keempat,mengawal transisi kepemimpinan nasional melalui Pemilu 2024 agar berjalan lebihdemokratis dengan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. 

Kelima, mendorong konsolidasi seluruh elemen bangsa untuk terus membumikan ideologiPancasila terutama dalam menghadapi berbagai praktek intoleransi, radikalisme, danberbagai ancaman, hambatan dan gangguan yang berpotensi memecah belahbangsa.

Dengan perspektif global, regional, dan nasional sebagaimana digambarkan diatas, Rakernas II PDI Perjuangan menjadi momentum politik yang sangat penting.

Kedalam, Rakernas II Partai diselenggarakan untuk melakukan evaluasi atas seluruhstrategi, program, dan konsolidasi Partai pasca Kongres V tahun 2019. Keluar,Rakernas II Partai untuk meneguhkan seluruh tanggung jawab PDI Perjuangansebagai satu-satunya Partai Nasionalis-Soekarnois di dalam memimpin arahpergerakan bangsa ke depan.

Rakernas II PDI Perjuangan juga menjadi momentum untuk menyelesaikankonsolidasi menyeluruh melalui program Lima Mantap Partai, yakni mantap ideologi,mantap organisasi, mantap program, mantap kader, dan mantap sumber daya Partai.

Rakernas II Partai bertujuan untuk menyusun agenda strategis Partai untukmemenangkan Pemilu 2024 tiga kali berturut-turut, mencakup program pemenanganPemilu, konsolidasi Tiga Pilar Partai, dan meletakkan konsepsi dasar PolaPembangunan Nasional Semesta Berencana yang akan menjadi visi dan misipasangan calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan.

Tema Rakernas kali ini adalah “Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat”;dengan Sub-Tema, “Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara”. Desa menjadi sumberkebudayaan yang ikut membentuk kepribadian bangsa.Dengan membangun Indonesia dari desa, PDI Perjuangan menempatkanrakyat sebagai basis kekuatan utama Partai yang dihikmati oleh kader, anggota dansimpatisan Partai. Bung Karno mengingatkan, desa merupakan salah satu bentengpertahanan negara dalam pengertian luas. Kebijakan dan program pembangunanharuslah menitik-beratkan pada pemberdayaan masyarakat desa.

Dengan melihat seluruh potensi desa yang mencakup kekayaan budaya,kuliner, dan tata pemerintahan desa yang sesuai kultur bangsa, maka dari desaseluruh konsepsi Trisakti Bung Karno wajib dijalankan. Dengan Rakernas II Partai,dibangun komitmen seluruh kader, anggota dan simpatisan Partai untuk solidbergerak ke bawah, memperkuat desa, bagi Indonesia maju dan berdaulat. Secarapolitik, desa harus dibangun secara demokratis dan berdaulat. Secara ekonomi desaharus dibangun secara berdikari, bertumpu pada kekuatan sumber daya alam, dansumber daya manusia desa untuk memenuhi kebutuhan pokok desa. Secara budaya,desa harus dibangun dengan memperhatikan keberagaman sesuai dengan warisanbudaya masing-masing desa, untuk membentuk kepribadian bangsa.

Berdasarkan pertimbangan di atas, Rakernas II PDI Perjuanganmenyampaikan rekomendasi sebagai berikut:

Ideologi Pancasila, Sistem Politik, dan Pemilu 2024

1. Rakernas II Partai menegaskan pentingnya pembumian Pancasila berdasarkanfalsafah dan spirit kelahirannya pada tanggal 1 Juni 1945. Pancasila sebagaiideologi, falsafah, landasan dan bintang penuntun seluruh kebijakan strategispemerintahan, dan menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.Berkaitan hal tersebut, kurikulum pendidikan nasional di seluruh strata pendidikanharus memasukkan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib.

2. Rakernas II Partai mendukung sepenuhnya upaya Pemerintah dalam memulihkandampak pandemi Covid 19 dengan mempercepat vaksinasi Covid-19, percepatanpertumbuhan ekonomi nasional, bantuan sosial, peningkatan penyerapanlapangan kerja, investasi, dan stabilitas harga kebutuhan pokok rakyat.

3. Rakernas II Partai mendorong Presiden Jokowi untuk meningkatkan sinergikoneksitas dan kerjasama partai politik pengusung pemerintah gunamemaksimalkan keberhasilan pemerintah bagi terwujudnya Indonesia yangberdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalamkebudayaan.

4. Rakernas II Partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden danwakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024,berdasarkan keputusan Kongres V Partai, AD/ART Partai, dan tradisi demokrasiPartai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai, Prof. DR. (H.C.) MegawatiSoekarnoputri.

5. Rakernas II Partai menegaskan pentingnya melakukan penataan sistem politikpasca Pemilu 2024 agar sesuai dengan Demokrasi Pancasila dengan melakukankoreksi sistem pemilu dan praktik politik liberal yang bersifat kapitalistik, penuhsemangat individual, penguatan peran dan fungsi Majelis PermusyawaratanRakyat Republik Indonesia.

6. Rakernas II Partai menegaskan pentingnya konsepsi dasar Pola PembangunanNasional Semesta Berencana (PPNSB) dengan memprioritaskan penguasaanilmu pengetahuan, teknologi, riset, inovasi, dan peningkatan kualitas pendidikanyang mengedepankan budi pekerti, nation and character building, sertapeningkatan seluruh aspek pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsasesuai amanat Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dengankonsepsi dasar pembangunan nasional tersebut, Indonesia harus mewujudkansumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berdaya saing global,sekaligus memahami persoalan lokal untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulatdi bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidangkebudayaan, serta terus menggelorakan semangat kepemimpinan Indonesia didunia internasional.

7. Rakernas II Partai mendukung sepenuhnya kebijakan Presiden Jokowi dalammewujudkan perdamaian dunia dengan mengambil inisiatif bagi penyelesaiankonflik Rusia-Ukraina melalui pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif, dansekaligus mewujudkan kepentingan nasional Indonesia.

Pembangunan Desa

1. Rakernas II PDI Perjuangan menegaskan desa sebagai tamansari kemajuanNusantara. Berkaitan dengan hal tersebut, penguatan infrastruktur pembangunandesa di segala aspek kehidupan harus menjadi skala prioritas pemerintah.

2. Rakernas II Partai menegaskan komitmen Partai bagi kemajuan desa denganseluruh tradisi kebudayaan, sistem pemerintahan desa, dan kuliner denganmenjadikan desa sebagai pusat pergerakan seluruh kader Partai untuk mendorongkemajuan masyarakat desa dengan menerapkan teknologi tepat guna.

3. Rakernas II Partai mendorong pemerintah agar menjalankan kebijakandiversifikasi pangan berbasis pangan lokal, guna mengurangi ketergantunganpada beras dan gandum melalui gerakan budi daya sagu, jagung, pisang,sorghum, porang, talas, sukun, ketela, ubi jalar dan berbagai ragam pangan yangada di wilayah nusantara. PDI Perjuangan menugaskan seluruh kadernya baik ditingkat eksekutif, legislatif maupun di struktur Partai untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan di desa.

4. Rakernas II Partai mendorong Pemerintah Indonesia menciptakan data tunggalberbasis desa yang valid, presisi, dan dinamis. Data Desa memetakanpermasalahan desa, sumber daya dan potensi pengembangan desa. Dengan datatersebut, setiap desa mengembangkan sentra ekonomi berbasis produk unggulanwilayah, termasuk pemenuhan kebutuhan pokok rakyat setempat denganmenggunakan sumber daya lokal. Hal ini penting mengingat jatidiri PDI Perjuangansebagai partai wong cilik dan kaum bersandal jepit. Untuk itu, Rakernas II Partai menginstruksikan Tiga Pilar Partai untuk segera melakukan pemetaan daninventarisasi data desa menyangkut data demografis, sumber daya alam, potensiekonomi, budaya, permasalahan dan perkembangan desa, serta data lainnya.

Berbagai data desa tersebut menjadi Data Tunggal Desa yang digunakan sebagaibasis penyusunan program pembangunan desa.

5. Rakernas II PDI Perjuangan menegaskan pentingnya sistem logistik desa yangterintegrasi dengan sistem logistik nasional. Sistem logistik terintegrasi inidiprioritaskan untuk memastikan ketersediaan pangan. Berkaitan dengan hal ini,pemerintah Pusat dan Daerah mengintegrasikan desa-desa yang salingberdekatan dengan sumber daya pangan tertentu, dengan desa-desa lainnya yangmemiliki sumber daya pangan berbeda.

6. Rakernas II Partai mendorong pemerintah untuk meningkatkan programPembangunan Manusia Indonesia di mulai dari desa, untuk meningkatkan kualitasdan kemampuan produktif rakyat, dengan peningkatan pelayanan pendidikan yangberkualitas dan merata serta pelayanan kesehatan yang berkualitas untukmenjamin kesehatan dan kualitas kehidupan rakyat Indonesia, termasuk denganmengatasi masalah stunting, gizi buruk, pelayanan kesehatan ibu dan anak.

7. Rakernas II Partai mendorong pemerintah Indonesia untuk mempercepat alokasilahan negara yang tidak produktif untuk dikelola oleh masyarakat desa sebagaipelaksanaan dari UU No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokokAgraria. Rakernas II Partai mengapresiasi dimasukkannya agenda ReformaAgraria sebagai Program Strategis Nasional (PSN) Presiden Joko Widodo yangpelaksanaannya dilakukan secara progresif, terpadu, dan menjadi aset produktifbagi rakyat.

8. Rakernas II Partai mendorong pemerintah untuk meningkatkan efektivitas fungsidan peran Tim Gugus Tugas Reforma Agraria. Karena itu, Rakernas II Partaimendorong pemerintah untuk memastikan percepatan pelaksanaan ReformaAgraria terhadap tanah negara yang sudah selesai masa penggunaannya, baikmelalui Hak Guna Usaha (HGU), Hak Pengelolaan Lahan (HPL), Hak Guna Pakai,dan Perhutanan Sosial untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pemenangan Pemilu

1. Rakernas II PDI Perjuangan menetapkan strategi dan kebijakan pemenanganelectoral terpimpin berbasis gotong royong yang bertumpu pada kekuatan mesinPartai, yang segera ditetapkan dalam Peraturan Partai.

2. Rakernas II Partai merekomendasikan penyempurnaan sistem rekrutmen danseleksi calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRDKabupaten/Kota serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerahPartai. Penyempurnaan kualitas kader dilakukan melalui seleksi calonberdasarkan psikotes, kaderisasi di Sekolah Partai, dan penugasan kader Partai.Atas dasar hal tersebut, maka proses penjaringan, penyaringan dan penetapanDaftar Calon Anggota Legislatif di seluruh tingkatan dimulai pada bulan Agustus2022.

3. Rakernas II Partai menegaskan komitmen seluruh jajaran Dewan Pimpinan Partaiuntuk terlibat secara aktif mengikuti seluruh ketentuan tahapan Pemilu secaradetail dan bersungguh-sungguh, dimulai dari tahap pendaftaran, verifikasi, danpenetapan partai politik sebagai peserta pemilu hingga pemungutan,penghitungan, rekapitulasi, dan penetapan hasil Pemilu Serentak 2024.

4. Rakernas II Partai mendorong peningkatan kualitas pemilu. Berkaitan dengan haltersebut, sistem dan pelaksanaan pemilu wajib menjamin terpenuhinya hakkonstitusional warga negara untuk memilih melalui peningkatan integritaspenyelenggara pemilu. Rakernas II Partai juga menegaskan tahapan pemiludilaksanakan secara efisien, efektif, dan akuntabel dengan mengedepankankeselamatan penyelenggara pemilu. Karenanya para penyelenggara pemiludiwajibkan membuat aturan terkait dengan integritas dan komitmen peserta pemilubagi terwujudnya pemilu yang aman dan damai demi tetap tegaknya NKRI,

Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Agenda Strategis Partai

1. Rakernas II PDI Perjuangan menegaskan pentingnya pangan sebagai pilarkedaulatan perekonomian negara. Berkaitan dengan hal tersebut, Rakernas IIPartai merekomendasikan kepada pemerintah untuk mempercepat terwujudnyakedaulatan pangan, dimulai dari pengembangan benih unggul, peningkatankualitas produksi, sistem distribusi yang berkeadilan, pencegahan konversi lahan pertanian produktif, dan hilirisasi industri pangan yang meningkatkan nilai tambahperekonomian nasional guna meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.

2. Rakernas II Partai mendukung Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di dalammelakukan pengembangan benih unggul, dan makanan bergizi untukmeningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dan keberdikarian di bidangpangan. Berkaitan dengan hal tersebut, Tiga Pilar Partai wajib mempercepatpembentukan Badan Riset Inovasi Daerah.

3. Rakernas II Partai mencermati dampak pemanasan global dan kerusakan ekologiyang telah menyebabkan kenaikan permukaan air laut, bencana ekologi, krisispangan, yang mengancam kelangsungan bumi dan seluruh kehidupan didalamnya. Berkaitan dengan hal tersebut, Tiga Pilar Partai wajib melakukanGerakan Penghijauan secara berkesinambungan. Rakernas II Partai mendorongkebijakan afirmatif pemerintah di dalam menjaga kelestarian lingkungan hidupmelalui moratorium pembukaan hutan alam primer; pemberantasan ilegal loggingdan reboisasi lahan-lahan kritis demi keberlanjutan ekologi.

4. Rakernas II Partai mendorong Pemerintah untuk mengurangi ketergantunganimpor di bidang kesehatan dan farmasi. Berkaitan dengan hal ini, kegiatan risetdan inovasi, peningkatan kemampuan produksi obat-obatan dan alat-alatkesehatan dalam negeri, peningkatan kualitas tenaga kesehatan danpembangunan infrastruktur kesehatan harus menjadi skala prioritas bagikemandirian sistem kesehatan nasional.

5. Rakernas II Partai menempatkan pentingnya kedaulatan energi nasional.Berkaitan dengan hal tersebut, Rakernas II Partai mendorong pemerintah untukmengakselerasi transisi energi dari ketergantungan pada energi fosil yang kotor kepengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan, seperti energi matahari, air,angin dan bioenergi. Untuk memenuhi komitmen global mitigasi perubahan iklim,pemerintah perlu secara konsisten melakukan penghentian secara bertahap PLTBatubara sesuai dengan umur kontrak dan sebaliknya mendorong pengembangansumber-sumber energi terbarukan di seluruh Indonesia demi mewujudkan net zero emission tahun 2060 sebagaimana telah menjadi komitmen pemerintah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar