Jumat, 02 Juni 2023

Kiat Membangun Usaha Media Online


 

Seminar sehari "Kiat Membangun Usaha Media Online di Era Digital dan Globalisasi Modern " diselenggarakan oleh Berita jabar.net di Ciater, Subang, pada tanggal 28 Desember 2022 yang baru lalu.

Sehari sebelumnya saya menyempatkan waktu membuat makalah dan bahan presentasi. Pada hari H saya berangkat dari Cileunyi pukul 10.00 melalui jalan tol Padaleunyi lalu jalan tol Pasteur dan memasuki Jl. Sukajadi, Jl. Setiabudi langsung menuju Lembang. Kemacetan terjadi di depan kampus UPI sampai terminal Ledeng, kemudian di Farm House. Selebihnya lancar.

Sekitar tengah hari saya memasuki kota Lembang dan terus berbelok kiri melewati Cikole dan Gunung Tangkuban Perahu. Setelah melewati kebun teh saya tiba di Ciater dan berbelok ke kanan menuju pemandian air panas yang ramai oleh pengunjung. Sekitar pukul 13.00 saya tiba di Pondok Desa 3. Acara sudah mulai memasuki pembukaan.

Tamu undangan beragam, selain insan pers ada pengusaha, politisi, korporasi dan birokrasi.

Setelah rehat sekitar satu jam, seminar pun dimulai. Saya menjadi pembicara pertama pada bagian pertama. Selanjutnya ada pembicara dari praktisi media dan akademisi serta dari birokrasi.

Pada seminar bagian kedua ada presentasi dari pengusaha, pengacara, direktur RS dan praktisi media.

Acara berlangsung hingga waktu maghrib

Setelah penutupan ada pemberian cindera mata dan foto bersama.

Saat saya keluar aula, hari telah malam. Saya kemudian meninggalkan tempat acara.

Dalam acara tersebut Kang Jeje Jainudin bertindak sebagai moderator.

Saya memulai pembahasan dari situasi global dan era digital. Kemudian menjelaskan apa saja tantangan yang dihadapi media termasuk media online. Baru saya menyampaikan kiat kita untuk menghadapinya.

Kiat kiat berikut ini bisa bermanfaat bagi usaha Media Online.

Cara Memulai Perusahaan Media dalam 12 Langkah Mudah

Untuk mendirikan perusahaan media yang independen dan bereputasi, yang menghasilkan pendapatan, Anda harus:

1. Tentukan audiens dan ceruk target Anda.

2. Buat konten unik yang berharga.

3. Tentukan pesan inti Anda dan manfaatnya bagi pembaca.

4. Pikat pengunjung dengan SEO, SMM, guest blogging, bermitra dengan media online lainnya.

5. Berinteraksi dengan audiens Anda menggunakan pemasaran email, pemberitahuan push, media sosial.

6. Buat versi audio/video dari konten Anda, dan posting di platform lain, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

7. Uangkan (monetisasi) saluran YouTube Anda dengan menampilkan iklan Google.

8. Terhubung ke platform iklan pihak ketiga (sebagai opsi tambahan).

9. Perluas bisnis Anda dengan crowdfunding.

10. Buka kunci bagian tertentu dari situs web Anda untuk keanggotaan berbayar.

11. Promosikan/jual produk melalui program afiliasi, dan hasilkan pendapatan komisi untuk perusahaan Anda.

12. Cari perusahaan yang tertarik dengan konten Anda untuk sponsor (Marketing Strategies).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar