Jumat, 02 Juni 2023

Media Pintar Perjuangan




Rakor MPP

Senin, 24 Oktober 2024, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung dan DPC PDI Perjuangan Kota Cimahi diundang oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat dalam rangka kordinasi terkait beberapa agenda partai. Salah satunya terkait partisipasi anggota dalam aplikasi MPP (Media Pintar Perjuangan). Kabupaten Bandung baru mencapai angka 5000 user dari target 15000, Kota Cimahi baru mencapai 2500 dari target 10.000.

Rakor berlangsung di aula DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat dipimpin Pak Ketut Sustiawan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat dan Pak Mochtar Muhammad Wakabid Pemenangan Pemilu didampingi Mas Aryo Pradigdo dari BP Pemilu. Dimulai pukul 14.00 dan berakhir pukul 16.00.

Saya selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung diberi waktu untuk memberikan pendapat demikian juga dengan Pak Agung Yudaswara selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Cimahi. Para pengampu di Bandung dan Cimahi juga demikian.

Pak Hengky selaku developer aplikasi memberikan gambaran mengenai pencapaian MPP di setiap Daerah.

MPP selain berisi fitur tentang kepartaian juga bisa untuk pemasaran produk produk barang dan jasa secara daring.

Cara menginstal MPP juga mudah. Cukup mengunduh melalui Google play. Untuk log in cukup dengan menulis nama dan nomor KTA (Kartu Tanda Anggota) PDI Perjuangan.

 


 

Rakog dengan Bacaleg

Menindaklanjuti Rakor dengan DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat tanggal 24 Oktober 2022 mengenai pencapaian targer pengguna aplikasi MPP, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung mengundang para Bacaleg (Bakal Calon Legislatif ) atau biasa kami sebut sebagai Pengampu. Acaranya kami laksanakan seusai memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Setelah melaksanakan upacara Hari Sumpah Pemuda secara hibrida (daring dan luring), DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung mengadakan pertemuan dengan para pengampu/bacaleg (bakal calon anggota legislatif).

Pengampu / bacaleg yang terdaftar sekitar 72 orang tapi yang hadir sekitar 50%.

Sekitar pukul 11.30 WIB acara dihentikan karena sudah memasuki waktu salat Jumat. Jamaah yang mengikuti salat Jumat di masjid DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung di Baleendah membludak hingga ke tangga lantai atas.

Usai salat pertemuan dengan para pengampu/bacaleg dilanjutkan. Acara yang semula di aula digeser ruang rapat di lantai dua. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung memberikan paparan mengenai pencapaian target pengguna aplikasi MPP, pembentukan PAR dan updating data pengurus Partai pada laman solidbergerak.id.

Rapat merekomendasikan perlunya pembentukan Posko Dapil untuk mengkoordinasi kegiatan antara struktural Partai dan pengampu/bacaleg di tujuh Dapil.

Posko (Pos Koordinasi) Dapil (Daerah Pemilihan) adalah media koordinasi DPC, Korwil Dapil, Korwil Fraksi, PAC, PR, Pengampu dan Bacaleg PDI Perjuangan Kabupaten Bandung di Dapil Dapil.

Dapil 1 meliputi: Rancabali, Ciwidey, Pasirjambu, Soreang dan Kutawaringin.

Dapil 2 meliputi: Katapang, Margahayu, Margaasih, Dayeuhkolot.

Dapil 3 meliputi : Bojongsoang, Cileunyi, Cilengkrang dan Cimenyan.

Dapil 4 meliputi : Rancaekek, Cicalengka, Nagreg dan Cikancung.

Dapil 5 meliputi : Paseh, Solokan Jeruk, Majalaya dan Ibun.

Dapil 6 meliputi : Ciparay, Pacet, Kertasari dan Baleendah.

Dapil 7 meliputi: Pameungpeuk, Arjasari, Banjaran, Cangkuang, Cimaung dan Pangalengan

 

 

 

Kiprah Ceu Yena

Setelah Kang Rudita berpulang, kami bersepakat posisi almarhum digantikan oleh Ceu Yena Iskandar Ma'soem sebagai Wakabid Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung. Ceu Yena setidaknya pernah menjabat sebagai Bendahara BP Pemilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat. Selain itu ia pernah menjadi calon Bupati Kabupaten Bandung 2020. Pengalaman itu kami harapkan menjadi bekal untuk menghadapi Pemilu serentak 2024 yang proses nya sudah dimulai.

Kontestan Pemilu 2024 sudah ditetapkan. PDI Perjuangan tetap pada nomor urut 3 yang telah terbukti membawa kemenangan pada pileg 2019.

Ada 17 parpol tingkat Nasional dan enam parpol tingkat provinsional.

Nasional :

1. PKB

2. GERINDRA

3. PDI Perjuangan

4. Partai Golkar

5. Partai Nasdem

6. Partai Buruh

7. Partai Gelora

8. PKS

9. PKN

10. Partai HANURA

11. Partai GARUDA

12. PAN

13. PBB

14. Partai Demokrat

15. PSI

16. PERINDO

17. PPP

Provinsional :

18. Partai Nanggroe Aceh (PNA)

19. Partai Generasi Atjeh Beusaboh Thaat dan Taqwa (GABTHAT)

20. Partai Darul Aceh (PDA)

21. Partai Aceh (PA)

22. Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh

23. Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA)

Monitoring dan evaluasi

Mengawali debut nya, pada akhir Desember ini hampir setiap hari Ceu Yena hadir di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung menemani BP Pemilu PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat yang sedang melakukan monev terhadap para pengampu di Kabupaten Bandung. Dari BP Pemilu PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat ada Kang Dedi Hermansyah, Kang Erik dan Kang Supriadi. Dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung selain Ceu Yena ada pula Ketua, Sekretaris dan Bendahara bergantian mendampingi, selain Wakabidor, Kang Aam. Ada pula Kepala BP Pemilu PDI Perjuangan Kabupaten Bandung, Kang Ujang Iyet dll.

Pada hari pertama monev untuk Dapil 1 meliputi Soreang, Kutawaringin, Pasirjambu, Ciwidey dan Kutawaringin. Saya ikut menghadiri. Para pengampu yang hadir adalah Kang Henhen Asep Suhendar (petahana), Kang Deden, Kang Asep Wahyudin dan Kang Ade Budiman.

Pada hari kedua monev untuk Dapil 2 Dan 3. Dapil 2 meliputi Katapang, Margaasih, Margahayu dan Dayeuhkolot. Pengampu yang hadir : Ceu Wewen, Ceu Ema, Kang Dadan Konjala (petahana), Kang Yudi Effendi, Kang Erwin Alamsyah, Kang Dariel, dan Kang Tatang Samsuri.

Dapil 3 meliputi Bojongsoang Cileunyi Cilengkrang dan Cimenyan. Pengampu yang hadir ada Kang Andre, Kang Pironi, Kang Bobby dan Kang Komar, Kang Dani, Kang Joko dll.

Pada hari ketiga monev untuk Dapil 4 dan 5. Dapil 4 meliputi Rancaekek Cicalengka Nagreg dan Cikancung. Dapil 5 meliputi Paseh Solokan Jeruk Majalaya dan Ibun.

Dari Dapil 4 hadir Kang Luthfi (petahana), Kang Dwi dll. Dari Dapil 5 ada Kang Dadang Hermawan (petahana), Ceu Yulianti, Kang Usep dan teh Yuyun.

Hari ini monev dilanjutkan ke Dapil 6 dan 7.

Dapil 6 meliputi Baleendah Ciparay, Pacet, Kertasari. Pengampu yang hadir : Kang Yayat Sumirat (petahana), kang Asep Muhammad, Kang Tito Utoyo, Kang Andi Iskandar, Kang Edi Malau dan teh Lala.

Dari Dapil 7 yang meliputi Pameungpeuk, Banjaran, Baleendah, Arjasari, Cimaung dan Pangalengan ada Kang Erwin (petahana) dan Kang Hudallah, Kang Anna Budiyana.

Intinya monitoring dan evaluasi yang dilakukan BP Pemilu PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat adalah memastikan para pengampu bisa melaksanakan program partai di wilayah yang diampunya antara lain merekrut anggota baru dan mendaftarkannya pada aplikasi MPP ( Media Pintar Perjuangan) serta membentuk PAR (Pengurus Anak Ranting) di TPS TPS.

Setidaknya sudah lebih dari 10.000 anggota tervalidasi pada situs New Djarek. Dari sekian anggota itu sekitar 8000 orang sudah mengunduh aplikasi MPP pada telpon genggam mereka.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar