Senin, 12 Juni 2023

Pantai Kejawanan di Kota Cirebon

Sejak tidak lagi menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, aku nyaris tidak lagi bepergian ke Cirebon atau Indramayu. Hanya pernah lewat sekali saat ada undangan menghadiri resepsi pernikahan anak Mas Bowo di kota Tegal.

Bulan Februari 2023 aku berkesempatan berkunjung ke Cirebon untuk menghadiri undangan resepsi pernikahan anak Bupati Majalengka. Kebetulan ketika itu anak perempuanku baru pulang dari Perancis dan ada di Bandung, jadi kami pergi berempat, aku istriku anak perempuanku dan Kanaya cucuku.

Pagi hari kami berangkat dari pintu tol Cileunyi memasuki jalan tol Cisumdawu (Cileunyi Sumedang Dawuan). Kami berkendara menikmati pemandangan alam pegunungan melewati twin tunnel dan kota Sumedang kemudian keluar di Cimalaka. Nah dari Cimalaka kami melewati jalan nasional menuju bandara Kertajati dan dari sana memasuki jalan tol Cipali (Cikampek Palimanan). Kami berhenti sebentar di rest area untuk salat zuhur  mengambil uang di ATM dan mengisi bahan bakar.

Sekitar pukul 13.00 kami memasuki Palimanan, Trusmi dan memasuki kota Cirebon.  Kami parkir di halaman sekolah Muhammadiyah lalu menyebrang ke hotel Apita Plaza tempat resepsi berlangsung. Mas Nanang Tyas Puspito sudah keluar dari tempat resepsi. Mas Nanang adalah dosen pembimbing mempelai pengantin pria. Tadinya kami janjian untuk bertemu.

Saat kami tiba di ballroom tempat resepsi berlangsung, tamu masih antri untuk menyalami mempelai pengantin dan kedua pasangan orang tua mereka. Usai bersalaman kami berkeliling mencari hidangan. Aku dan nyonya menikmati empal gentong, makanan khas Cirebon. Akupun sempat bertemu dengan Mas Abdy Yuhana sebelum meninggalkan tempat resepsi.

Senyampang bersama istri anak dan cucu, aku mengajak mereka berkeliling kota Cirebon kemudian tiba di pelabuhan dan memasuki Pantai Kejawanan. Kami mengajak Kanaya berjalan-jalan di taman bermain lalu menuju bungalow di tepi pantai. Di sinilah kami menghabiskan wantu menikmati pemandangan pantai, deburan ombak, tiupan angin dan menyaksikan kapal-kapal sedang berlabuh di kejauhan hingga menjelang matahari tenggelam.

Usai salat magrib kami meninggalkan kota Cirebon, kembali memasuki jalan tol Cipali dan keluar di Bandara Kertajati. Kami berhenti di depan sebuah hotel untuk beristirahat dan menikmati kopi serta snack.

Dari Kertajati kami menuju kota Jatiwangi di Kabupaten Majalengka lalu memasuki wilayah Kabupaten Sumedang dan kembali memasuki jalan tol Cisumdawu. Saat tiba di kota Sumedang kami singgah di rumah makan untuk menikmati tahu Sumedang. Setelah puas menikmati tahu kami berjalan-jalan di kota lalu kembali memasuki jalan tol menuju Cileunyi.

Sekitar pukul 22.00 kami tiba di rumah.