Minggu, 04 Juni 2023

Menanam Pohon dan Bersih-bersih Sungai Citarum

 




Setiap tahun kami melakukan kegiatan penanaman pohon dan merawat bumi dengan tajuk dan tema yang berbeda beda. Kadangkala lebih dari sekali dalam setahun. Tahun 2019 kami memulai dengan gerakan Ngajak Hejo di Pangalengan. Kemudian Hajat Lembur di Pasirjambu. Tahun 2020 dengan Leuweung Padjadjaran di Pasirjambu. Tahun 2021 dengan menggali dan menghidupkan sebuah telaga di Citere, Pangalengan lalu menanami kembali hutannya yang sudah gundul. Tidak berapa lama kami kembali datang merawat tanaman dan melakukan tambal sulam pepohonan. Tidak lupa kami menyemai benih ikan di danau. Lalu pada tahun 2022 kami melakukan gerakan penanaman pohon buah buahan di Desa Malakasari Kecamatan Baleendah.

Bagaimana dengan tahun 2023 ini. Tentu saja kami pun tetap melakukan hal yang sama. Kali ini bertajuk Penanaman Pohon serta Bersih Bersih Sungai dan Saluran Air. Bedanya dengan tahun tahun yang lampau, kali ini kami melakukan desentralisasi kegiatan. Sehingga kegiatan menyebar di tujuh Dapil dan di setiap Dapil menyebar disetiap lokasi yang berbeda.

Kegiatan merawat bumi di tingkat Kabupaten Bandung kami selenggarakan di sisi sungai Citarum, Dusun Parunghalang, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah. Penanggung jawab nya Kang Andri Kusnandar, Wakabid BTN DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung dan Kang Hendra, Ketua DPC Ganti Kabupaten Bandung. Panitia lokalnya Kang Nanang, pegiat lingkungan yang sehari harinya bekerja sebagai juru tambang, petugas penyebrangan orang dengan perahu dari wilayah Baleendah ke Dayeuhkolot, pergi pulang. Acara di dukung oleh Ketua RT 11 RW 02 dan warga setempat.

Pohon yang diberikan kepada penduduk setempat 100 buah berupa pohon buah buahan seperti sirsak, mangga, durian dlsb.

Untuk tingkat Dapil ada di Ciwidey, Cicalengka dan Ciparay. Di Ciwidey langsung dipimpin oleh Kang Henhen Asep Suhendar, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung yang juga Waka 3 DPRD Kabupaten Bandung. Di Cicalengka dipimpin oleh Kang Mohammad Luthfi Haffiyan, Wakil Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Bandung. Di Ciparay dipimpin oleh Kang Yayat Sumirat, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Ciparay yang juga anggota DPRD Kabupaten Bandung.

Di Ciwidey Kang Henhen dan kawan kawan PAC PR PAR PDI Perjuangan dari Rancabali, Ciwidey dan Pasirjambu menanam pohon dan membersihkan sungai. Mereka berangkat dari Posko dengan melakukan konvoi yang rapi dan tertib diikuti ambulance Mega Bhakti PDI Perjuangan. 333 bibit tanaman ditanam di Desa Margamulya dan sekitar ya. Di samping itu Kang Henhen dan kawan kawan menyusuri dan membersihkan sungai Ciwidey.

Di Cicalengka Kang Luthfi dan kawan kawan melakukan penanam sekitar 100 pohon di Kebun Rakyat PDI Perjuangan. Mereka juga membersihkan sungai di bawah Curug Cinulang.

Di Ciparay Kang Yayat melakukan penanaman Pohon di sekitar water pump Sub DAS Cirasea bersama para PAC PR PAR PDI Perjuangan. Pohon yang disediakan untuk ditanam berjumlah 250 pohon seperti eucalyptus, manalika, petai dlsb. Usai menanam pohon mereka ngusep (memancing) di balong (empang) bersama sama.

Adapun di Dapil kegiatan terbagi lagi di setiap Desa atau Kelurahan yang diselenggarakan oleh para pengampu atau Bacaleg PDI Perjuangan Kabupaten Bandung. Ada Kang Andre Sudrajat yang melakukan bersih bersih selokan di Desa Panjalu, Kecamatan Cilengkrang. Teh Yuyun yang melakukan penanaman tanaman herbal di Majalaya. Kang Edi Malau melakukan pembersihan sungai dan menanam pohon di Arjasari. Kang Agus Agung Purnomo melakukan pembersihan saluran irigasi di Dusun Selajami, Desa Jagabaya, Kecamatan Cimaung, di samping menanam pohon dan membagi 100 bibit pohon albasia kepada masyarakat. Di Sukamenak, Margahayu Kang Dariel dan kawan kawan membersihkan susukan (sungai kecil) di lingkungan pemukiman penduduk.

Di samping menanam pohon PDI Perjuangan Kabupaten Bandung juga mengadakan pembagian sembako di beberapa titik lokasi. Sembako antara lain berasal dari DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat sebanyak 100 paket dan dari Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Bandung yang jumlahnya belum saya ketahui dengan pasti. Ada pula kawan kawan yang membuat t shirt bertema 50 tahun PDI Perjuangan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar